Banjir Bandang Terjang Mukomuko, Kerugian Capai Rp150 Miliar

Sebanyak 1.407 rumah terdampak banjir di Provinsi Bengkulu, kerugian capai Rp150 Miliar, Minggu (25/9/2022). (sumber foto: iNews.ID)

 


SIBERONE.COM - Kerugian akibat banjir bandang yang menerjang Mukomuko, Bengkulu, mencapai Rp150 miliar. Kerugian akibat itu berdasarkan hasil penghitungan Tim Kaji Kebutuhan Kerugian pascabanjir Kabupaten Mukomuko.

"Kerugian akibat banjir bandang meliputi aset provinsi, kabupaten, dan desa, termasuk masyarakat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko Ramdani, Minggu (25/9/2022).

Dia menambahkan, dari kerugian akibat banjir Rp150 miliar lebih tersebut, paling tinggi aset provinsi berupa tempat pelelangan ikan (TPI) sekitar Rp58 miliar.

"Selain itu, katanya, ada aset kabupaten seperti jembatan, gorong-gorong, dan jalan di beberapa titik di daerah ini yang rusak akibat banjir," katanya.

Kemudian, kerugian yang dialami oleh masyarakat yang menjadi korban banjir seperti bangunan rumah yang hanyut dan rusak, jaring-jaring ikan yang hilang, dan perahu yang rusak.

"Selain menghitung aset provinsi, kabupaten, desa, tim juga menghitung kajian ekonomi bagi mereka yang tidak bisa melakukan aktivitas selama banjir," katanya.

Sebelumnya, banjir menerjang Mukomuko pada 28 Agustus 2022. Sebanyak 432 keluarga di daerah itu terdampak banjir, selain itu tempat pelelangan ikan (TPI) juga terendam, dua perahu nelayan hanyut, dua unit alat tangkap ikan rusak, dua perahu rusak berat, dan satu perahu rusak sedang, serta satu rumah hanyut.

Warga yang terdampak banjir tersebar di lima kecamatan dengan rincian 22 keluarga di Desa Semundam, 95 keluarga di Desa Air Buluh, 74 keluarga di Desa Pulau Makmur, 36 keluarga di Desa Pulau

Kemudian sebanyak 33 keluarga di Desa Pondok Kopi, tujuh keluarga di Desa Pasar Ipuh, lima keluarga di Desa Dusun Pulau, 38 keluarga di Desa Talang Rio, 12 keluarga di Desa Air Rami, 105 keluarga di Desa Pondok Batu, dan lima keluarga di Kecamatan Lubuk Pinang.

 

Sumber: iNews.ID


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar