Buka Festival Menongkah di Desa Bekawan Bupati HM Wardan Tanam 1.000 Pohon Mangrove

Bupati Indragiri Hilir beserta Forkopimda Inhil dan Organisasi Masyarakat melakukan penanaman Mangrove di Desa Bekawan Mandah, Jumat (23/9/2022) (sumber foto: Prokopim Setda Inhil)

 

 

SIBERONE.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H.M Wardan menghadiri acara festival menongkah sekaligus dalam rangka memperingati hari ozon sedunia melakukan menanam pohon mangrove di desa Bekawan, kecamatan Mandah, kabupaten Indragiri Hilir, Jum'at (23/9/2022) pagi.

Pembukaan Festival Menongkah yang di selenggarakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Bekawan bersama Bangun Desa Payung Negeri (BDPN) Inhil ini dalam rangka memperingati hari Ozon sedunia.


Kunjungan Bupati Indragiri Hilir didampingi ketua TP PKK kabupaten Indragiri Hilir Hj Zulaikha Wardan, Kapolres Inhil AKBP Norhayat, Dandim 0314/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid, anggota DPRD provinsi Riau Suaidi, ketua IKDR Hasanuddin, Anggota DPRD Inhil, kepala OPD, Camat Mandah, Danramil Mandah, Kapolsek Mandah, kepala desa bekawan, BPBD desa bekawan.

 

Bupati Inhil HM. Wardan dalam sambutannya mengatakan, menongkah kerang merupakan tradisi leluhur masyarakat suku Duanu yang juga dikenal sebagai suku orang laut, yang pernah berjaya di masa lalu dan dicatat dalam sejarah dunia dan terus menunjukan eksistensinya di tengah masyarakat.


Dikatakan Bupati, Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga dan Kebudayaan terus memberikan perhatian pada kebudayaan Menongkah ini.


"Tadi kita lihat bersama tarian Mut Tiangan (Menangkap Kerang) yang ditampilakan, untuk itu saya berharap kepada Dinas Pariwisata agar mengangkat tarian ini menjadi tarian daerah kabupaten Indragiri Hilir", ungkap Bupati.

Di tambahkan Bupati, dalam perjalanannya Festival Menongkah sudah dua kali mendapat rekor Museum Rekor Indonesia (Muri), yaitu pada 2008 untuk rekor peserta menongkah terbanyak dan 2016 rekor mandi diatas papan tongkah terbanyak.

"Kita terus berupaya menjadikan festival menongkah sebagai salah satu wisata budaya yang menarik wisatawan luar, sehingga nantinya mampu mengangkat sektor pariwisata di Indragiri Hilir," pungkasnya.


"Hari ini kita menyaksikan langsung festival menongkah di desa Bekawan, dan juga kita memperingati hari ozon sedunia melakukan menanam pohon mangrove di bibir pantai desa Bekawan," sambung bupati.


Selain itu Bupati Inhil HM Wardan juga mengungkapkan dalam rangka hari ozon sedunia mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana sudah melakukan kegiatan aksi menanam pohon 1000 bibit mangrove, perlombaan menongkah dan penyerahan bantuan papan 200 tongkah untuk para nelayan.


Sebagaimana tadi juga disampaikan hari ini juga kita akan melaksanakan penanaman penanaman 1.000 bibit mangrove secara simbolis yang terpenting adalah setelah ditanam bagaimana yang ditanam ini dipelihara dia bisa tumbuh.


"Pohon mangrove begitu penting untuk menjaga lingkungan bibir pantai untuk menahan gelombang air dan juga pohon mangrove untuk kelestarian habitat ikan udang kepiting dan lain-lainnya, jadi dengan kita tanam pohon sehingga dapat terjaga," tutup bupati Inhil HM Wardan.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar