Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Rumah Warga di Pasaman Barat Terendam Banjir

Ilustrasi, Banjir menerjang Kecamatan Talamau, Pasaman Barat, Sumatera Barat, (sumber foto: Liputan6)

 

SIBERONE.COM - Banjir menerjang Kecamatan Talamau, Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar). Banjir itu akibat luapan Sungai Batang Limpato usai wilayah itu diguyur hujan deras.

"Air sungai meluap dan merendam sejumlah rumah warga dipicu tingginya curah hujan," kata Kepala BPBD Pasaman Barat Azhar, Rabu (21/9/2022).

Dia menambahkan, saat ini sekitar 15 orang petugas telah turun ke lokasi banjir bersama Basarnas.

Dia melanjutkan, meluapnya air Sungai Batang Limpato itu dipicu hujan lebat yang terjadi sejak Rabu siang. Akibatnya air meluap sampai ke badan jalan dan mengganggu akses transportasi di daerah itu.

"Air sungai yang meluap mengakibatkan puluhan rumah warga terendam air setinggi 50-60cm," kata dia.

Saat ini, lannjut dia, petugas masih di lapangan dan memberikan bantuan serta mendata rumah yang terdampak luapan air sungai.

Pihaknya juga menurunkan perahu karet untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak luapan air sungai.

"Meluapnya air ke badan jalan sepeda motor tidak bisa melintas jalan itu karena derasnya arus air yang meluap," kata dia.

Sementara untuk roda empat masih bisa melalui jalan itu namun harus di papah oleh warga dan perlu kehati-hatian pengendara.

"Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa pada bencana itu. Satu unit rumah hunian sementara korban gempa juga hanyut terseret arus air sungai," katanya.

 

Sumber: iNews.ID


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar