Lebih Efektif dan Efesien dalam Penanggulangan HIV AIDS, KPA Inhil Gelar Rapat Koordinasi

Rapat Koordinasi penanggulangan HIV AIDS (sumber foto: Istimewa)

 


SIBERONE.COM - Dalam upaya penanggulangan AIDS yang lebih efektif dan efesien untuk memutus mata rantai penularan HIV, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan evaluasi pelaksanaan program Komisi Penanggulangan AIDS.

Rakor yang digelar di Aula Pondok Indragiri di Jl. Sri Gemilang No.10, Tembilahan Kota, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir ini dibuka oleh Sekretaris KPA Inhil, H. Umar Pulungan. 

Adapun agenda rapat tersebut menyampaikan hasil pemetaan hotspot dan populasi kunci di Kabupaten, menyampaikan situasi HIV dan AIDS di Kabupaten dan Penyampaian strategi Program Penanggulangan AIDS.

Berdasarkan data yang diterima KPA Inhil dari Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil menunjukkan HIV dan AIDS di Kabupaten Inhil dari tahun 2010-2022 berjumlah 367 kasus.

"Data yang kami terima dari Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil secara kasus HIV dan AIDS di Kabupaten Inhil dari tahun 2010 hingga tahun 2022 berjumlah 367 kasus, dengan rincian 260 orang laki-laki dan 107 orang perempuan. Dari seluruh kasus tersebut, terdata 159 meninggal dunia," papar Hariyanto, Pengelola Program KPA.

Hariyanto menyebutkan dari pemaparan yang dilakukan, seluruh peserta rapat akan bersama-sama berkolaborasi dalam pelaksanaan penanggulangan AIDS. Khususnya penyuluhan kepada generasi Penerus (Kampus dan Sekolah) dalam Penanganan Issue Lesbian, Gay, Biseksual, Dan Transgender (LGBT).

Dia juga menyebutkan bahwa KPA Inhil akan terus melakukan upaya penanggulangan AIDS dengan melakukan advokasi dan koordinasi pada seluruh anggota KPA sesuai dengan tupoksinya.

"KPA sebagai motor program yang dilaksanakan di Kabupaten, dan kami akan terus berupaya menanggulangi HIV AIDS dengan saling berkoordinasi pada anggota KPA sesuai dengan tupoksinya. Misal Disdik dengan program di sekolah, Dinkes dengan penguatan layanan kesehatan, Disnaker dengan tenaga kerja di perusahaan, dan lainnya," ujar Hariyanto.

Rapat tersebut turut dihadiri KPA Kabupaten Inhil, Anggota perwakilan Polres, Kodim 0314/Inhil, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Satpol PP, Camat Tembilahan, Camat Tembilahan Hulu, Lurah Tembilahan Kota, Lurah Tembilahan Hulu, Lurah Tembilahan Hilir, PKBI Wilayah Riau dan Tim Pemataan.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar