Majukan BUMDes, BKAD Tiga Kecamatan Gelar Pelatihan Pengelolaan Manajemen

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Badan Kerjasama antar desa (BKAD) kecamatan Teluk Belengkong, kecamatan Pulau Burung, kecamatan Concong mengelar pelatihan pengelolaan manajemen BUMDesa dengan klasifikasi berkembang dan maju, di Aula Hotel Inhil Pratama, jalan Guru Hasan,Tembilahan kota, Rabu (14/9/2022) malam.


Tampak hadir, Camat Teluk Belengkong Sugiyanto, camat Pulau Burung Syafruddin Kahar, Camat Concong Hamsari, Ketua tim Leader DMIJ, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD), Syaifuddin, Serta 30 orang Perserta pelatihan pengelolaan manajemen BUMDesa dengan klasifikasi berkembang dan maju.


Dalam sambutan ketua pelaksana Indra Setiawan mengatakan pelatihan pengelolaan manajemen BUMDes dengan klasifikasi berkembang dan maju. Selain itu BUMDesa juga diharapkan berfungsi sebagai lembaga yang melayani kebutuhan ekonomi dan atau pelayanan umum masyarakat desa, lembaga sosial yang harus berpihak kepada kepentingan masyarakat dengan melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial.


"BUMDes adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa," kata Indra Setiawan.


Tugas Manajemen Unit BUMDes, antara lain dapat disebutkan sebagai berikut memimpin unit usaha dan bertanggungjawab kepada Direktur.
Mencari sumber-sumber pendapatan unit usaha dan melaksanakan usaha yang sesuai dengan kegiatan unitnya.


Indra Selaku Ketua Pelaksana mengatakan Pelaksanaan kegiatan pelatihan direktur BUMDes yang dilaksanakan secara bertahap untuk para peserta dapat oktimal mendapatkan informasi dari narasumber.


"kenapa kita laksanakan dengan kapasitas yang kecil, kadang kalau sudah banyak perserta tentunya kurang optimal jadi supaya lebih cepat dicerna para direktur dan sekretaris kepala unit sehingga BUMDes yang ada untuk dikelola bisa terlaksana dengan baik," harap Indra.


Lebih lanjut dikatakannya, untuk memberikan pengetahuan tentang manajemen BUMDes yang baik dan benar mendatangkan narasumber yang berkompeten yaitu Ketua tim Leader DMIJ, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD), Syaifuddin.


"Dengan pengalaman yang handal bapak Syaifuddin semoga para peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari 3 kecamatan mampu mendengarkan dengan betul-betul sehingga ilmu yang diberikan dapat digunakan untuk kemajuan BUMDes," cetusnya.


Sementara itu Hamsari Camat Concong dalam hal itu sekaligus membuka Pelatihan pengelolaan manajemen Bumdesa dengan klasifikasi berkembang dan maju mengatakan, dengan adanya kegiatan ini mampu nantinya BUMDes di desa-desa lebih berkembang untuk kemajuan desa.


"Kita lihat sejauh mana manajemen Desa tentang pengelolaan yang berkenaan dengan keuangan dari di sini tentu kami berharap pelatihan ini banyak manfaat untuk perangkat desa dan masyarakat sehingga tidak ada yang mengimplementasi yang mengarah kepada ketidak benar," jelas Hamsari.


Dengan pelatihan Ini sesungguhnya dapat mengharapkan profesional dalam bekerja sehingga tidak ada bahasa Tudingan dan tidak ada hal-hal yang nantinya sifatnya merugikan keuangan negara maupun masyarakat di desa.


Terkahir dikatakan Hamsari, selamat mengikuti pelatihan pengelolaan manajemen BUMDesa dengan klasifikasi berkembang dan maju, sehingga harapan desa terhadap BUMDes dapat berjalan sesuai harapan.
 

"Pesan saya kepada direktur BUMDes yang ada di 3 kecamatan mampu menyerap ilmu pengetahuan dari narasumber sehingga anggaran yang dikeluarkan desa dengan kegiatan ini dibawa pulang ke desa mendapatkan hasil yang maksimal untuk kemajuan desa," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar