Rumah dan SDN 006 Rambah di Rohul Terbakar

Personil Satpol PP dan Damkar bersama BPBD Rohul melakukan pemadaman kobaran api (sumber foto: Riaupos.com)

 


SIBERONE.COM - Dua peristiwa kebakaran dalam sehari terjadi di lokasi yang berbeda di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Ahad (4/9/2022). Untungnya dari musibah kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah warga Kecamatan Ujung Batu dan 3 bangunan SDN 006 Kecamatan Rambah tidak ditemukan korban jiwa, hanya kerugian materi yang belum bisa ditaksir.

Kasatpol PP dan Damkar Rohul Ridarmanto melalui Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP dan Damkar Rohul Rasqi Galileo saat dikonfirmasi Riaupos.co, Ahad (4/9/2022) membenarkan dua peristiwa kebakaran terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Rohul.

Kebakaran pertama terjadi di RT 003, RW 003 Dusun Damai 2 Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujung Batu yang menghanguskan rumah semi permanen milik Afrizon, Ahad (4/9) sekitar pukul 07:20 WIB. Kobaran api dengan cepat melalap isi bangunan rumah, namun personil Damkar Pos Ujung Batu berhasil melakukan pemadaman dengan menggunakan satu unit Damkar pada pukul 08.30 WIB.

Diakuinya, Pos Damkar Ujung Batu menerima laporan masyarakat sekitar pukul 07:30 WIB, tiba di TKP  sekitar Pukul 07.40 WIB. Penyebab terjadinya kebakaran rumah milik Afrizon belum diketahui secara pasti, demikian pula kerugian belum bisa di taksir. 

Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa maupun luka-luka Selanjutnya kebakaran kedua terjadi di Kecamatan Rambah, Ahad (4/9) sekitar pukul 10.30 WIB. Sedikitnya 3 unit bangunan SDN 006 Rambah di Desa Sialang Jaya hangus terbakar. Penyebab terjadi peritiwa kebakaran sekolah serta kerugian belum di ketahui.

‘’Kobaran api yang melalap bangunan SDN 006 Rambah berhasil dipadamkan oleh personil Damkar dan BPBD Rohul pada pukul 12:00 WIB,’’ tuturnya.

Sementara itu, Kadisdikpora Rohul Margono SSos MSi saat dikonfirmasi riaupos.co, Ahad (4/9) petang membenarkan sejumlah bangunan SDN 006 Rambah di Desa Sialang hangus terbakar yang diduga terjadi arus pendek.

Diakuinya, ada 2 (dua) bangunan ruang kelas belajar (RKB) dan satu ruang perpustakaan SDN 006 Kecamatan Rambah serta kantin hangus terbakar dilalap sijago merah.

’’Bangunan yang terbakar yakni ruang kelas 5, ruang kelas 6 serta ruang Perpustakaan SDN 006 Rambah yang merupakan bangunan tahun 1980 an yang sebelumnya telah di rehab. Sumber api belum dapat diketahui secara pasti. Karena masih dalam proses penyelidikan Polsek Rambah. Informasi yang kita terima dugaan terjadinya arus pendek yang pertama kali api melalap bangunan RKB SDN 006 Rambah,’’ tuturnya.

Paska terbakarnya 2 RKB dan ruang perpustakaan SDN 006 Rambah, pihaknya telah mengambil langkah-langkah, untuk proses belajar tetap dilaksanakan, Senin (5/9), dengan memamfaatkan RKB yang ada, dimana pelajar masuk sekolah dengan sistim ship pagi dan siang. ‘’Proses belajar di SDN 006 Rambah tetap berjalan seperti biasa besok Senin, (5/9). Untuk sementara ini, kita memamfaatkan RKB yang ada, proses belajar dilakukan dengan sistim Shif pagi dan siang,’’ tutupnya. 

 

Sumber: Riaupos.com


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar