Over Kapasitas, Kanwil Kemenkumham Riau Bangun Gedung Lapas Baru

Inspektur wilayah ii tinjau proyek pembangunan lapas narkotika rumbai, lpka pekanbaru, dan bapas dumai (sumber foto: Humas Kemenkumham Riau)

 

 

SIBERONE.COM - Over Kapasitas menjadi salah satu faktor masalah yang menghambat proses pembinaan warga binaan di lapas/rutan. Jumlah penghuni lapas/rutan/LPKA di Riau saat ini mencapai 14.158 orang dari kapasitasnya yang hanya memuat 4.373 WBP. 

Demi menguraikan kepadatan tersebut, Kanwil Kemenkumham Riau saat ini sedang membangun gedung lapas baru di Ujung Tanjung, penambahan blok hunian di Lapas Narkotika Rumbai, pembangunan ruang kelas untuk pendidikan anak pidana di LPKA Pekanbaru dan pembangunan gedung kantor Balai Pemasyarakatan Dumai.

Guna memastikan proyek berjalan sesuai dengan yang ditetapkan, Inspektur Wilayah (Irwil) II Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham, Ahmad Rifa'i, bersama Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd. Jahari Sitepu, meninjau pelaksanaan pembangunan blok hunian di Lapas Narkotika Kelas IIB Rumbai dan LPKA Kelas II Pekanbaru, Rabu (25/8). 

Hadir pula Kepala Divisi Pemasyarakatan, Mulyadi, bersama Kepala Lapas Narkotika Rumbai, Robinson Peranginangin, Kepala LPKA Pekanbaru, Sugiyanto, Kepala Lapas Terbuka, Erwin Siregar, dan Kepala Rutan Dumai, Pance Daniel. Rapat bersama Tim Pelaksana dan Pengawas Proyek, menjadi awal pembuka kegiatan ini. 

"Kepatuhan terhadap aturan kontrak, akan menentukan keberhasilan pembangunan proyek ini. Minimalkan deviasi agar tidak terlalu jauh. Jaga nama baik perusahaan anda, dengan bekerja sebaik-baiknya," pesan Rivai.

Kakanwil turut mengingatkan agar pelaksana dan pengawas proyek bekerja keras untuk menyelesaikan proyek tepat waktu. Kalau memungkinkan, tambahkan lagi jumlah pekerja agar bisa bekerja dengan dua shift, siang dan malam. 

"Kita sudah dikejar waktu, belum lagi faktor musim hujan yang ikut menjadi penghambat. Saya minta pengawas dan pelaksana proyek benar-benar total dan profesional," ucap Jahari tegas. 

Jahari juga berpesan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam membayar pekerjaan untuk melibatkan ahli dari Dinas  PU dan BPKP Riau.

Rombongan kemudian meninjau langsung proyek pembangunan. Proyek ini akan membangun 1 blok hunian dengan 35 kamar yang akan menampung 224 orang. Di lokasi, Irwil dan Kakanwil memberikan beberapa masukan ke pelaksana dan mengingatkan untuk selalu melengkapi diri dengan alat keselamatan kerja.

Kemudian rombongan meninjau pembangunan LPKA Pekanbaru. Rincian pekerjaannya adalah pembangunan 4 unit ruang kelas, 1 unit gereja, 5 unit gajebo kunjungan, aula pertemuan 1 unit,
pos jaga sebanyak 2 unit, rumah dinas 1 unit dan turap dibelakang gedung LPKA.

Terakhir, rombongan mengunjungi Kota Dumai untuk meninjau proyek pembangunan Balai Pemasyarakatan Kelas II Dumai. Irwil berharap seluruh proyek pengadaan ini selesai tepat waktu sehingga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. 

"Semoga pembangunan di beberapa satker di Riau ini dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua, terkhusus bagi warga binaan agar tidak hidup berdesak-desakan lagi di dalam lapas," harapnya.

 


Wartawan: A-R


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar