Sekda Pekalongan Launching Panggung Apresiasi Seni Rakyat

Sekda M. Yulian Akbar, S.Sos., M.Si. mewakili Bupati Pekalongan me-launching kegiatan Panggung Apresiasi Seni Rakyat (sumber foto: Humas Pemkab Pekalongan)

 


SiBERONE.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan (Sekda) M. Yulian Akbar, S.Sos., M.Si. mewakili Bupati Pekalongan me-launching kegiatan Panggung Apresiasi Seni Rakyat (PASER) di  Boulevard depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Kecamatan Kajen, Sabtu (20/8) malam.

Sekda Akbar mengatakan bahwa Paser merupakan kegiatan yang idenya digagas oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq. 

Paser merupakan kegiatan pertunjukan atau pagelaran seni dan budaya yang akan rutin diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Pekalongan setiap malam minggu di Boulevard untuk memberikan hiburan, sekaligus sebagai wadah bagi masyarakat dan para pelaku seni untuk mengekspresikan kecintaanya terhadap seni dan budaya lokal.

Lebih lanjut, Sekda mengatakan bahwa kegiatan Paser sejalan dengan pembangunan pemerintah daerah, 

“Pemerintah Kabupaten Pekalongan membangun seimbang antara pembangunan fisik berupa infrastruktur dan pusat pelayanan. Tetapi pemkab juga membangun dari sisi manusianya melalui Panggung Apresiasi Seni Rakyat ini. Jadi ini merupakan keseimbangan antara fisik dan non fisik,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Sekda mengajak kepada seluruh masyarakat dan para pelaku seni untuk memanfaatkan ruang yang sudah diberikan.

“Ayo kita manfaatkan betul-betul kegiatan ini agar bisa memberikan hiburan kepada warga kita. Manfaatnya Insya Allah akan banyak,” tuturnya.

Sekda berharap kegiatan paser kedepannya akan mendapatkan lebih banyak dukungan dari berbagai pihak utamanya dari swasta, “Mari kita kolaborasi bersama antara Pemerintah Daerah, masyarakat pecinta seni, dan pihak swasta. Saya mengajak pihak swasta untuk turut ambil bagian dalam kegiatan pentas seni ini,” kata Sekda.

Dalam kegiatan tersebut Sekda juga mengungkapkan tentang rencana revitasliasi Gedung Kesenian Kajen. 

“Gedung Kesenian yang cukup lama mangkrak itu akan kita revitalisasi pada tahun 2023. Harapannya untuk memberikan ruang kepada generasi muda dan masyarakat pekerja-pekerja seni untuk bisa beraktivitas dan memanfaatkanya dengan baik,” terangnya.

Pelaksana Tugas Kepala Bagian Perekonomian Sekda Kabupaten Pekalongan Selaku Panitia pada kegiatan tersebut Aditomo Herlambang, SH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan pada malam hari itu.

“Terima kasih kepada RSUD Kraton dan RSUD Kajen atas dukunganya, DKD sebagai wadah para pelaku seni di Kabupaten Pekalongan, OPD dan bagian sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik,” ujarnya.

Aditomo menandaskan bahwa PASER digelar dalam rangka memberikan hiburan kepada masyarakat dan peningkatan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat “Kegiatan ini akan memberikan hiburan kepada masyarakat agar tidak sepi dan diharapkan akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya. 

Lanjutnya, dengan adanya hiburan, maka akan ada konsentrasi massa, para pedagang dan pelaku UMKM lainnya mendapatkan dampak positif dari kegiatan ini, sehingga ekonomi juga akan tumbuh.

 


Wartawan: Suyanto


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar