Penuh Hikmat, Bupati Bersama Unsur Forkopimda Inhil Gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Dokumentasi Prokopim Setda Inhil

SIBERONE.COM - Jelang puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci. Bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP)  Yudha Bakti Tembilahan, tepat Pukul 00.00 WIB, Rabu,  (17/08/22) dini hari.


Apel kehormatan ditandai dengan mengheningkan cipta, penghormatan kepada para pahlawan dan penyalaan obor yang dipimpin oleh Kapolres Inhil.


Bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres Inhil AKBP Norhayat, SIK hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Inhil Drs. H.M Wardan MP,  Dandim 0314, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah serta sejumlah Kepala Dinas di lingkungan jajaran Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.


Dikatakan Inspektur upacara AKBP Norhayat apel ini ini merupakan wujud penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. 


Dalam momen tersebut, AKBP Norhayat mengajak semua elemen bangsa untuk menjaga dan merawat kemerdekaan yang telah diraih dengan membangun kebersamaan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.


Sementara itu Bupati Indragiri Hilir saat diwawancarai awak media mengatakan Apel kehormatan serta renungan suci yang dilaksanakan pada dini hari merupakan suatu bentuk penghormatan  sebagai generasi penerus kepada para pahlawan

 


"Ini merupakan suatu kewajiban kita untuk berusaha menjaga dan merawat negara Indonesia yang kita cintai ini, yang telah diperjuangkan oleh pahlawan kita terdahulu, untuk itu saat malam menjelang hari detik-detik proklamasi, kita melaksanakan penghormatan kepada para pahlawan yang sudah berjuang untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Bupati Inhil HM Wardan.


Dalam upacara yang berlangsung selama 10 menit itu, berjalan khidmat dan sakral. Dimulai dengan pembacaan tanda kehormatan dan renungan suci oleh Inspektur Upacara (Irup) Kapolres Inhil  AKBP Norhayat SIK,  kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta serta penyalaan obor.


Malam renungan suci ini merupakan salah satu rangkaian yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebelum acara puncak peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada pukul 10.17 WIB, tanggal 17 Agustus.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar