Bupati Batang Adakan Lomba Program Pemberdayaan Desa Sebagai Indikator RPJMD


SIBERONE.COM  Bupati Batang Wihaji akan mengadakan lomba pemberdayaan program bagi perempuan pada setiap desa, karena merupakan salah satu indikator Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), pada  pemberdayaan gender di Kabupaten Batang.

“Lomba pemberdayaan bertujuan agar munculnya desa mandiri yaitu  desa mempunyai program dari hulu ke hilir,” kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Kamis (28/1/2021).

“Hasil lomba pemberdayaan   program tersebut desa  akan kami bantu keuangannya, tetapi harus betul-betul murni  pemberdayaan masyarakat khususnya perempuan dan melibatkan masyarakat desa,” jelasnya.

Dijelaskannya, lomba pemberdayaan program bagi perempuan pada setiap desa  direncanakan dari tahun 2021 tetapi pelaksanaannya di tahun 2022. total hadiah dari lomba pemberdayaan sendiri sebesar 9 Milyar, jadi setiap kecamatan nanti ada juaranya,  juara pertama mendapatkan Rp300.000.000,00, juara kedua mendapatkan Rp200.000.000,00, dan juara ketiga Rp100.000.000,00.

Sementara, Kepala Bapelitbang Kabupaten Batang Ari Yudianto mengatakan, lomba pemberdayaan ini kaitannya dengan pemberdayaan perempuan sesuai dengan capaian indikator RPJMD yaitu indeks pemberdayaan gender termasuk juga akan berkembangnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di desa.

Konsepnya nanti dari desa ada sebuah inovasi untuk meningkatkan ekonomi lokal, tetapi  manajemen  usaha tersebut harapannya dari perempuan.

“Kemudian bahan bakunya harus dari lokal dan dikelola oleh warga lokal dan memenuhi prospek pemasaran itulah sebagai indikator penilaian kita. Karena Pemerintah Kabupaten Batang ingin mengembangkan ekonomi lokal di Kabupaten Batang,” pungkasnya. (tok)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar