RSJ Arif Zainudin Solo Dilalap Api, 2 Pasien ODGJ Tewas Terbakar

Ruang perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Arif Zainudin, Kota Solo, Jawa Tengah terbakar (sumber foto: SINDOnews.com)

 

 


SIBERONE.COM - Ruang perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Arif Zainudin, Kota Solo, Jawa Tengah terbakar Jumat (5/8/2022). Kebakaran menimpa ruang perawatan Puntadewa.

"Benar, telah terjadi kebakaran pagi tadi tepatnya sebelum subuh," kata Humas RSJD dr Arif Zainuddin, Joko Mulyono mengatakan saat jumpa pers di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Solo, Jumat (5/8/2022) siang.

Dia menambahkan, saat kebakaran terjadi, di ruang Puntadewa tengah merawat 18 pasien. Para pasien itu dipisah di ruang Puntadewa sisi barat dan sisi timur.

Pasien sisi barat ada 9 pasien dan di sisi timur ada 9 pasien. "Dan yang terbakar itu ruang pasien (Puntadewa) di sisi timur," terangnya.

Menurutnya, ruang Puntadewa merawat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) gejala akut atau bisa dikatakan pasien baru datang.

Saat terjadi kebakaran, di ruang Puntadewa tengah merawat pasien ODGJ akut dengan posisi terikat. Pihak RSJ sengaja mengikat pasien ini agar tidak mengganggu pasien lainnya.

Sedangkan pasien lainnya yang juga berpotensi membahayakan orang lain, termasuk perawat tengah berada di ruang isolasi.

Kepanikan melanda saat melihat kobaran api. Petugas berusaha memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran (Apar).

Namun upaya memadamkan api dengan menggunakan 10 Apar tak bisa memadamkan kobaran api. Akhirnya, petugas memanggil petugas untuk memadamkan kobaran api.

"Setelah 10 menit petugas Damkar datang, api berhasil dipadamkan," imbuhnya.

Petugas rumah sakit pun melakukan upaya penyelamatan kepada 7 pasien Restrain. Naas, dua pasien berinisial YA (30) pasien titipan dari Dinsos Karanganyar dan pasien berinisial YR (30) dari Blora.

Saat kejadian, dua korban yang meninggal berada di ruangan isolasi. Dan karena kondisinya, pasien tidak sadar adanya kebakaran.

"Saat kejadian ada tiga perawat jaga dan langsung melaporkan, dan dipadamkan dengan Apar hingga menghubungi petugas Damkar," ujarnya.

 

Sumber: SINDOnews.com


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar