Bersama 2 Warga Binaan, Sertu P Siregar Babinsa Koramil 02/TM Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Personil Babinsa Koramil 02/Tanah Merah jajaran Kodim 0314/Inhil Sertu P Siregar bersama 2 warga binaan melaksanakan patroli di wilayah sering terjadi kebakaran.


Kegiatan patroli Karhutla tersebut dilakukan oleh Sertu P Siregar bersama 2 masyarakat di desa Tanah Merah, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir Prov Riau, pada Kamis (4/8/2022) pagi.


Saat dikonfirmasi awak media Sertu P Siregar juga mengungkapkan bahwa dengan rutin melaksanakan kegiatan patroli Karhutla, sehingga dapat mencegah dini terjadinya kebakaran lahan masyarakat yang sengaja dibakar untuk membuka lahan pertanian.


"Lebih baik kita cegah dini Karhutla, dari pada nantinya dapat menimbulkan bencana kabut asap, dan sangat menggangu saluran pernapasan untuk masyarakat di sini," jelas Babinsa.


Kendati demikian, dalam melaksanakan Sertu P Siregar juga saat menemukan warga dalam rute patroli, mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan membakar lahan saat membuka lahan-lahan pertanian.


"Ya saat jumpa siapa saja pemilik kebun, maupun orang lewat saja, kita berikan sosialisasi kepada mereka. Apabila membuka lahan pertanian sangat dilarang dilakukan dengan cara membakar, karena dapat menimbulkan bencana kabut asap, apalagi saat ini bencana non alam virus COVID-19 masih marak terjadi, dengan itu menambahkan bencana baru, jadi kita juga yang repotnya," tuturnya.


Selain dapat menimbulkan bencana kabut asap, menurut Sertu P Siregar Karhutla juga dapat menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun pemilik kebun lainnya.


"Iya kalau sudah merembet ke lahan-lahan pertanian masyarakat lainnya, jadi dapat merugikan orang lain, jadi sangat perlu diperhatikan betul-betul lah dan selalu diingat bahwa membuka lahan dengan cara membakar itu sangat tidak dibenarkan," tutupnya.


Untuk diketahui dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karhutla di daerah desa binaannya desa Tanah Merah tidak ada ditemukan titik api dan asap, hasilnya nihil. Kegiatan pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karhutla tersebut berakhir dalam aman dan terkendali.

 

Sumber Batituud Koramil 02/TM.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar