Tangani Konflik Sosial, Pemkab Inhu Gelar Workshop

Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, SE dalam workshop penanganan konflik sosial di Kabupaten Inhu.(sumber foto: Diskominfo Inhu)

 

 


SIBERONE.COM - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu melalui Badan Kesbangpol menggelar Workshop Penanganan Konflik Sosial di Kabupaten Inhu di Ruang Auditorium Yopi Arianto Lantai 4 Kantor Bupati Kabupaten Inhu. Rabu (27/7/2022).

Workshop dimaksud secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, SE.

Bupati Rezita dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka menjamin terciptanya kondisi sosial, hukum dan keamanan yang kondusif guna mendukung kelancaran pembangunan nasional dan daerah.

"Untuk itu diperlukan langkah penanganan konflik sosial, penghentian konflik dan pemulihan pasca konflik Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah mempunyai kewajiban memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat," ujarnya.

Bupati Rezita berharap melalui workshop ini akan menghasilkan rekomendasi yang mampu menjawab berbagai permasalahan konflik sosial yang sedang dan akan dihadapi.

Bupati Rezita juga meminta Forkopimcam agar mampu mengoptimalkan fungsi deteksi dini, sehingga permasalahan yang terjadi diwilayahnya dapat tertangani lebih cepat dan tepat dengan melibatkan tokoh masyarakat, agama dan pemuda serta unsur lainnya.

"Kami meminta Forkopimcam se-Inhu untuk mampu mengotimalkan fungsi deteksi dini, sehingga permasalahan yang terjadi di wilayah kita ini dapat tertangani lebih cepat dan tepat dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat, agama dan pemuda serta unsur lainnya," jelas Rezita.

Sementara itu ketua panitia, Kaban Kesbangpol kab. Inhu, Bambang Indramawan, S. STP., MP melaporkan bahwa maksud dari acara workshop ini adalah terlaksananya koordinasi dan persamaan persepsi diantara tingkat forkopimda baik di Kabupaten maupun di Kecamatan, sedangkan tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya konflik di lapangan dengan mengoptimalkan peran Forkopimda.

"Semoga dengan Workshop ini bisa terlaksananya koordinasi dan persamaan persepsi di lingkungan pemkab Inhu," ucapnya.

Jumlah peserta yang mengikuti  Workshop Penanganan Konflik Sosial di Kabupaten Inhu menurut Bambang  berjumlah 50 orang  terdiri dari unsur Forkopimda dan Forkopimcam se-kab. Inhu.

Bertindak sebagai narasumber dalam Workshop tersebut adalah  Polres Inhu yaitu Kabag OPS. Dodi Zulkarnain dan dari KAJARI Inhu yaitu Kasidatun, Maritus Hamdani.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kab.Inhu, unsur Forkopimda Kab.Inhu, Camat se-Kab. Inhu, Kapolsek Kab.Inhu, Danramil Kab.Inhu serta undangan lainnya.

 


Wartawan: A.Rustandi


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar