Serentak Seluruh Indonesia, Kanwil Kemenkumham Riau Turut Gelar Temu Sadar Hukum Semarakkan HDKD

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau melalui Bidang Hukum menggelar pembinaan desa/kelurahan sadar hukum di dua desa/kelurahan Sadar Hukum yang ada di Wilayah Riau (sumber foto: Humas Kanwil Kemenkumham Riau)

 

 


SIBERONE.COM - Dalam rangka memeriahkan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 tahun 2022, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau melalui Bidang Hukum menggelar pembinaan desa/kelurahan sadar hukum di dua desa/kelurahan Sadar Hukum yang ada di Wilayah Riau, Rabu (27/07).

Giat yang dikemas dalam bentuk Temu Sadar Hukum ini dikomando oleh Kepala Bidang Hukum, Dean Satria, dan Kepala Sub bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum, Lusia Simanjuntak, beserta tim yang terdiri dari Penyuluh Hukum. 

“Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau menyasar dua titik lokasi penyuluhan, yaitu Kelurahan Tobekgodang, Kecamatan Binawidya dan Kelurahan Tuah Madani, Kecamatan Tuah Madani sebagai bentuk dukungan dalam memeriahkan 77 (tujuh puluh tujuh) tahun pengabdian Kemenkumham mengabdi membangun negara atau lebih dikenal sebagai Hari Dharma Karya Dhika. Dan sekaligus sebagai upaya untuk terus membangun sinergi antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan para stakeholder terkait, terutama unsur Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota,” tutur Dean Satria yang memimpin penyuluhan di lokasi kelurahan Tobakgodang.

Serentak di seluruh Indonesia, Temu Sadar Hukum yang melibatkan 77 (tujuh puluh tujuh) titik Desa/Keluarahan Sadar Hukum di seluruh penjuru Indonesia ini mengusung tema “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK untuk Mewujudkan Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Peningkatan Kesadaran Hukum di Masyarakat”. 

“Peningkatan kesadaran hukum masyarakat merupakan salah satu modal besar bagi pemerintah dalam menghadapi tantangan global. Karena suatu daerah yang tingkat kesadaran hukumnya tinggi, sangat mendukung iklim investasi. Hal ini sangat erat kaitannya dengan Komitmen Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo untuk terus melakukan upaya peningkatan dan pembenahan salah satunya dalam sektor investasi / kemudahan berusaha (Ease Of Doing Business) sebagai bekal dalam menyongsong era perdagangan bebas dengan jalan melakukan kerjasama dengan para investor sebagai salah satu hal yang harus ditempuh oleh setiap negara untuk meningkatkan perekonomian khususnya di masa pandemi saat ini,” ungkap Widodo Ekatjahjana melalui sambutan yang ditayangkan di sela-sela acara. 

Sebagai bentuk dukungan, Lurah Tobekgodang, Yasir Arafat, serta Lurah Tuah Madani, Edi Wardila membuka kegiatan langsung di lokasi masing-masing. Keduanya mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat. 

“Semua ilmu yang didapatkan hari ini akan kami teruskan kepada lingkungan sekitar, agar semakin banyak masyarakat yang melek hukum dan dapat meningkatkan potensi ekonomi,” sebut Yasir Arafat.

Antusiasme tinggi peserta terlihat melalui sesi tanya jawab yang aktif dalam pembahasan yang mengangkat tentang Pendirian Perseroan Perorangan dan Pendaftaran Merek. 

“Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan bantuan dalam mendaftarkan Perseroan dan Merek boleh datang saja ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, kami selalu siap melayani,” ujar Ariston Turnip, salah seorang Pejabat Fungsional Penyuluh Hukum.

 


Wartawan: A-R


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar