Sedang Ambil Perangkap Ikan, Sampan Nelayan di Pelalawan Digigit Buaya

Proses evakuasi buaya dari Sungai Kerumutan (sumber foto: Goriau.com)

 


SIBERONE.COM - Seekor buaya dengan panjang 3 meter lebih menyerang sampan nelayan yang sedang mengambil bubu (perangkap ikan) di Sungai Kerumutan, Kelurahan Kerumutan, Kecamatan Kerumutan, Pelalawan.


Petugas Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I melakukan mitigasi dan evakuasi satwa di Keluarahan Kerumutan, Kecamatan Kerumutan, Kabulaten Pelalawan.

Berawal dari seorang nelayan warga Kerumutan yang diserang buaya di Sungai Kerumutan saat sedang mengambil bubu (perangkap ikan) pada Senin (4/6/2022).

 
Seekor buaya menggigit sampannya hingga karam. Dibantu seorang temannya, buaya tersebut akhirnya berhasil diamankan dan dibawa ke pinggir dermaga.

"Jenis satwa adalah buaya sinyulong (Tomistoma schlegelii) dengan panjang 330 Cm, lebar 45 cm, dan berjenis kelamin betina," kata Kepala Bidang KSDA Wilayah I Balai Besar KSDA Riau, Andri Hansen Siregar, Sabtu (9/7/2022).

Petugas Resort Kopau dan masyarakat kemudian mengamankan buaya di pinggir dermaga untuk selanjutnya menunggu Tim dari Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Pangkalan Kerinci datang untuk mengevakuasi buaya tersebut.

Setelah Tim yang ditumggu datang buaya segera dievakuasi menggunakan mobil untuk dibawa ke Kantor Seksi di Pangkalan Kerinci.


 
Namun sayang, dalam perjalanan kondisinya memburuk dan sesampainya di kantor Seksi, buaya tersebut mati.

"Saat diperiksa, tidak ada tanda-tanda luka pada tubuh satwa. Tim kemudian langsung melakukan penguburan bangkai buaya," tandas Andri Hansen.

 

Sumber: Goriau.com


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar