Berikan Layanan Prima, Kanim Kelas I TPI Pekanbaru Adakan Layanan Jemput Bola Dalam Pembuatan Paspor

Kanim Kelas I TPI Pekanbaru Adakan Layanan Jemput Bola Dalam Pembuatan Paspor (sumber foto: Humas Kanim Pekanbaru)

 

 

SIBERONE.COM – Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd. Jahari Sitepu menjalankan kewajiban dalam memastikan seluruh unit pelaksana teknis (UPT) di lingkungannya dapat memberikan pelayanan yang mudah, murah dan cepat.

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau,  Sebagai pelayan publik sudah sepatutnya lah masyarakat mendapatkan pelayanan dengan kualitas service excellence atau yang lebih dikenal dengan sebutan pelayanan prima.

“Di era modern seperti saat ini, akan sangat memalukan apabila instansi pemerintah tidak bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Saya berharap seluruh UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau saling berlomba dalam menghadirkan layanan terbaik di kantornya masing-masing. Kalau tidak mampu, ya mundur saja jadi PNS,” tegas Kakanwil. Pesan ini selalu disampaikan kakanwil dalam kunjungannya ke setiap UPT Kemenkumham di Riau.

Seperti yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Pekanbaru yang mengadakan layanan jemput bola dalam pembuatan paspor. Bekerja sama dengan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau, yang terlebih dahulu telah membuat surat permohonan untuk pembuatan paspor secara kolektif. Tak perlu repot-repot antri di kantor imigrasi, petugas Imigrasi Pekanbaru yang mendatangi kantor salah satu media yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru ini, Selasa (28/6). 

“Semua proses pembuatan paspor disini, sama persis seperti di kantor imigrasi. Sudah disiapkan ruangan khusus yang telah disetting sebaik mungkin agar petugas kantor imigrasi bisa bekerja sesuai prosedur. Semua dokumen persyaratan juga harus dilengkapi pemohon dan wajib diverifikasi petugas seperti biasanya. Bedanya cuma lebih mudah, murah dan cepat karena gak perlu repot antri,” kata Syahrioma Delavino, Kepala Kanim Pekanbaru yang turut hadir dalam layanan Eazy Passport ini.

Delavino menyebut sebanyak 50 pemohon terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari 7 permohonan baru dan 35 permohonan penggantian, sisanya batal karena persyaratan tidak lengkap. 

Ketua SPS Cabang Riau, Khairul Amri menyambut baik inovasi dan terobosan ini. Menurutnya, layanan ini akan sangat membantu masyarakat. Sebab yang mengurus paspor cukup banyak dan sekaligus bisa kolektif dikerjakan pada satu tempat saja.

"Saya mewakili seluruh pengurus dan Dewan Pertimbangan mengucapkan banyak terima kasih. Semoga kerja sama yang baik ini bisa terus dijalin dan ditingkatkan," kata Khairul, yang juga CEO Inforiau Group itu.

Tak cuma itu saja, Khairul juga memberikan saran dan masukannya agar diketahui masyarakat secara luas, hendaknya program ini bisa disosialisasikan ke masyarakat. Mengingat pada masa saat ini yang kembali normal, antusias masyarakat mengurus paspor pun menjadi sangat tinggi.

“Kalau ada program seperti ini, tentu masyarakat tidak perlu terlalu ramai mengikuti antrian di kantor imigrasi. Sangat mudah dan cepat,” ucapnya penuh kesan. 

Delavino menyebut pihaknya akan selalu berupaya maksimal meningkatkan pelayanan. Layanan jemput bola ini pun telah disosialisasikan ke masyarakat melalui SMS Blast yang terkirim ke masyarakat apabila melewati titik tertentu di jalan protokol Pekanbaru, juga promosi melalui media sosial yang dimiliki.

“Keluarga dari para pegawai di lingkungan Perkantoran Pemerintah/TNI/POLRI/BUMN/BUMD/Swasta dan institusi pendidikan dapat mengajukan Layanan Jemput Bola Eazy Passport ini. Namun, layanan ini hanya melayani pembuatan paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku serta halaman penuh. Tidak melayani penggantian paspor karena hilang atau rusak. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Call Center Imigrasi Pekanbaru di Nomor 081268216607 ya,” kata pria yang merupakan alumni Universitas Riau ini.

 

Wartawan: A-R


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar