Bersama Satgas C-19, kopda M Adrian Anggota Koramil 02/TM Laksanakan Gakplin Prokes di Pelabuhan

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Komando Rayon Militer (Koramil) 02/Tanah Merah jajaran Kodim 0314/Inhil melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) terus melakukan Penegakan disiplin terpadu Protokol kesehatan di tempat umum seperti Pelabuhan. Yang ada di Kecamatan Tanah Merah kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).


Kegiatan Penegakan disiplin terpadu Protokol kesehatan dalam rangka memutuskan penyebaran COVID-19 di tempat fasilitasi umum terus berlanjut dilaksanakan oleh babinsa Koramil 02/ Tanah Merah Kopda M Adrian bersama petugas lainnya, Selesa (21/6/2022) pagi.


Kopda M Adrian, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan antisipasi terhadap penyebaran COVID-19, maka dari itu pentingnya disiplin protokol kesehatan ditegakkan di tempat-tempat umum seperti Pelabuhan.

 

"Kita menyasar pelabuhan, karena di situ tempat beraktivitas nya masyarakat, ada yang berdatangan maupun berpergian, jadi sangat rentan terhadap penularan virus COVID-19," jelasnya.


Menurut Kopda M Adrian desa Tanah Merah merupakan daerah pesisir jadi kebanyakan masyarakat saat mau berpergian menggunakan transportasi laut. Jadi pelabuhan merupakan akses utama pintu masuk ke desa Tanah Merah ataupun ibu kota kecamatan.


"Karena kita di sini (Tanah Merah) tempatnya orang mau ke kota Tembilahan maupun kabupaten tetangga Tanjung Jabung Barat (Tanjab) Tungkal seringkali singgah, jadi Pelabuhan-pelabuhan lah pintu masuk di sini, dari pada itu sangat rentan terhadap penularan virus COVID-19, karena itu kita melaksanakan Gakplin Protokol kesehatan digulirkan setiap harinya di sini," tegasnya.


Kendati demikian, kopda M Adrian memberikan himbauan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di luar rumah, agar menerapkan Protokol Kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan pemerintah kecamatan, sehingga TNI diberikan kewenangan untuk menindak tegas maupun memberikan himbauan kepada masyarakat yang membandel terhadap Protkes.


"Kita sudah 2 tahun melaksanakan Penegakan disiplin terpadu Protokol kesehatan, untuk mencegah terjadinya penyebaran virus di sini, jadi kami terdiri satgas COVID-19 kecamatan, tergabung dalam tersebut TNI-POLRI dan lainnya diberikan kewenangan untuk menindak tegas kepada masyarakat yang membandel terhadap Protkes, kita sama-sama semua mau sehat dan terhindar dari COVID-19, untuk itu pentingnya protokol kesehatan dengan anjuran pemerintah," pungkasnya.


Terkahir, Ia juga mengungkapkan dalam penegakan disiplin terpadu Protokol kesehatan, di tempat umum seperti Pelabuhan, masyarakat sudah banyak yang sadar menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, hindari kerumunan, serta membatasi mobilitas tinggi.


"Berarti dengan kita patuhi protokol kesehatan, kita sama-sama sudah memutuskan penyebaran COVID-19, dengan itu saat kita pulang ke rumah, dengan kita sudah berperilaku hidup sehat,  mudah-mudahan kita dalam keadaan sehat, dan pulang ke rumah kita tidak membawa virus," tutupnya.


Untuk diketahui pencapaian kegiaatan Gakplin Prokes tersebut pada pukul 10.05 wib Pengecekan terhadap penumpang Kapal Boot dari Tembilahan Tujuan Tanah Merah,  pengecekan kelengkapan surat dari dinas kesehatan terkait.

Sumber Batituud Koramil 02/Tanah Merah 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar