Antisipasi Luapan Sungai Babon, Warga Pinta Pemerintah Segera Menormalisasi Sungai


SIBERONE.COM - Tanggul Sungai Babon yang berada di Kelurahan Penggaron Kidul, Kecamatan Pedurungan Semarang beberapa hari lalu mengalami pengikisan berakibat banjir yang merendam perumahan warga di RT. 01, 02, 03,04  RW. 02 Penggaron Kidul Semarang Jawa Tengah, saat ini sudah ditinggikan, Minggu (24/1/2021).

Selain faktor pengikisan tanggul sungai, faktor hujan deras berkepanjangan yang terjadi pada Kamis (21/1/2021) lalu juga menjadi faktor penyebab banjir.

Ketua RW 02 Kelurahan Penggaron Kidul Faizin, S.ag mengatakan, beberapa hari pasca banjir, warga secara bergotong royong melakukan peninggian tanggul sungai setinggi 70 cm dan panjang kurang lebih 100 m dimulai sejak, Sabtu (23/1/2021) hingga Minggu (24/1/2021), alhamdulillah selesai.

Faizin menjelaskan peninggian tanggul Sungai Babon ini merupakan upaya antisipasi warga agar ketika hujan tidak terjadi luapan atau luberan yang menggenang perumahan lagi.

Untuk mencegah terjadi banjir susulan, Faizin bersama dengan warga bekerja ekstra keras. Mereka mulai bekerja dari pagi hingga sore hari selama dua hari Sabtu-Minggu. "Ada yang membantu peninggian tanggul, ada juga yang kerja bhakti membersihkan sampah di sekitaran sungai," ujarnya.

Ketua RT 01 Khoirul mengatakan akibat hujan deras yang berkepanjangan beberapa waktu lalu membuat meluapnya air Sungai Babon hingga merendam ke pemukiman warga. Ini disebabkan akibat pendangkalan sungai dan juga banyaknya pohon pisang yang nyangkut di bawah jembatan yang berada di sekitaran sungai. Akibatnya air tidak bisa mengalir hingga meluap ke pemukiman warga.

“Kami berharap kepada pemerintah segera menormalisasi Sungai Babon untuk mengurangi resiko banjir di wilayah Kelurahan Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Semarang Jawa Tengah," pungkas Khoirul. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar