Bentrok Kelompok di Penambangan Emas Kouri Bougoudi, 100 Orang Tewas dan 40 Luka-luka

Ilustrasi, Penambangan emas di Chad (sumber foto: Goriau.com)

 


SIBERONE.COM - Bentrokan antara kelompok penambang terjadi di penambangan emas di Kouri Bougoudi, Chad utara, pada 23 Mei lalu. Sebanyak 100 orang tewas dan 40 terluka akibat bentrokan tersebut.


Dikutip dari Kompas.com yang melansir AFP, Menteri Pertahanan Jenderal Daoud Yaya Brahim pada Senin (30/5/2022), mengatakan, bentrokan dekat perbatasan Libya itu dipicu oleh perselisihan biasa antara dua orang yang tersulut emosinya.

Bentrokan terjadi di Pegunungan Tibesti yang terjal di Sahara tengah, sekitar 1.000 kilometer dari ibu kota Chad, N'Djamena.

Penemuan emas di sana memicu serbuan penambang dari seluruh Chad serta negara-negara tetangga, dan ketegangan sering kali memuncak

Bentrokan antara para penambang itu terjadi antara warga Mauritania dengan Libya, lanjut Menhan Chad.

Dia berbicara kepada AFP melalui telepon dari lokasi bentrokan, saat bersama kontingen militer besar yang dikirim untuk membantu memulihkan keamanan.

''Ini bukan kali pertama ada bentrokan di antara penambang emas di wilayah tersebut, dan kami telah memutuskan untuk menangguhkan semua penambangan emas di Kouri sampai pemberitahuan lebih lanjut,'' katanya, seraya menambahkan bahwa ''sebagian besar (tambang di daerah itu) adalah ilegal.''
 
Insiden ini kali pertama diumumkan pada Rabu (25/5/2022), ketika Menteri Komunikasi Chad Abderaman Koulamallah mengatakan bahwa beberapa orang tewas dan terluka, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

 

Sumber: Goriau.com


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar