Upaya Penutupan Tanggul Jebol di Tanjung Emas-Semarang Terus Dilakukan

KSOP tanjung Mas kota semarang (sumber foto: Agus Rhomadhon)

 

SIBERONE.COM - penutupan tanggul pembatas Laut yang jebol dengan 300 stanbika dilakukan hari ini, Rabu (25/5/2022).

Riris Veri sukistyani sebagai kepala seksi penjagaan patroli dan penyidikan kantor KSOP klas 1 Tanjung Mas semarang mengatakan bahwa perkiraan 1,1 top namun pada senin 23 Mei 2022 mencapai 2,1 top.

"Perkiraannya itu 1,1 topnya tapi ternyata pada hari senin kemarin, sekitar jam 14.10 sampai 2,1 topnya, jadi memang benar benar tinggi kemudian arusnya sangat deras sampai menjebolkan tanggul  pembatas laut yang ada di belakang PT Lami Citra," ujarnya.

Selanjutnya Riris juga menyebutkan bahwa Gubernur Jawa Tengah melakukan peninjauan langsung ke lapangan.

"Bahkan kemarin Gubernur Jawa Tengah, pak Ganjar Pranowo melakukan tinjauan langsung ke lapangan kemudian melakukan usaha-usaha untuk penanggulangan antara lain pada hari ini penutupan tanggul yang jebol ditutup dengan 300 sanbike hari ini ada 2 titik tanggul yang jebol, yang pertama -+ 30m, yang kedua +-6m," ujar Riris

Dengan jebolnya tanggul pembatas laut berimbas kepada masyarakat sangat besar, seperti kegiatan exspor impor, kemudian untuk di tpks tentunya di terminal peti kemas untuk kapal-kapal kontainer, serta staf yang tidak bisa berkegiatan, dan sekarang sedikit-dikit sudah bisa berkegiatan. 

Kerugian juga dialami oleh pekerja pekerja yang kendaraannya hanyut dan rusak karena terendam air yang tinggi, untuk warga yang terdampak musibah juga masih belum bisa beraktifitas karena debit air yang masih tinggi. 

"Untuk tanggul ini sangat penting untuk meminimalisir menangkal air agar tak tumpah ke darat. Namun, dalam kenyataan tanggul masih tidak dapat mampu menahan luapan air, padahal tanggul tersebut sudah tinggi, jadi tanggul memang harus benar benar diperhatikan untuk penanggulangannya" ujar Riris

Erick Putra sebagai komandan kapal patroli KN 337 kapal Negara KSOP tanjung Mas kota semarang yang ditemui jurnalis media siberone.com mengatakan upaya penutupan bendungan sementara sudah dilakukan.

"Kita ke lokasi kejadian bersama bapak kepala kantor KSOP Tanjung mas, ir. M. Tohir, M. Si bersama pelindo kita ke Tkp dekat lami citra pembendungan di Tkp dengan menggunakan sak sak pasir sama bambu bambu, Insya Allah nanti malam air yang menuju lami citra sudah bisa  diminimalisir," ujar Erick Putra.

 

Wartawan: Agus Romadhon 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar