Mewakili Bupati Hj. Zulaikah Wardan Buka Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan, Hj. Zulaikah Wardan. S.Sos. ME buka sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula (foto: Ema/Siberone.com)

 

SIBERONE.COM - Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan, Hj. Zulaikah Wardan S.Sos. ME. Mewakili Bupati Indragiri Hilir membuka sosialisasi pendidikan politik bagi calon pemilih pemula di Kabupaten Inhil yang dipimpin langsung oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KASBANGPOL) Provinsi Riau, Jendri Salmon Ginting. AP. M. Si.

Kegiatan tersebut diadakan di aula Hotel Harmoni di Jl. Abdul Manaf, Tembilahan Kota, pada hari Selasa (24/5/2022).

Dalam Sambutan pembukaan sosialisasi pendidikan politik, Hj. Zulaikah Wardan. S.Sos. ME. atau yang akrab disapa Bunda Zulaikah menjelaskan peraturan Undang-undang Dasar (UUD) yang mengatur dan landasan pemilihan umum (PEMILU).

"Bahwa tahun 2024 akan dilaksanakan pemilihan umum serentak dalam satu tahun yaitu pemilihan legislatif, Pemilu presiden dan pemilihan kepala daerah. Proses pemilihan umum merupakan proses politik untuk memilih wakil-wakil rakyat dan pemimpin negara serta Kepala Daerah yang akan menentukan arah kebijakan dan pembangunan bagi negara selama 5 tahun ke depan," jelas Zulaikah.

Selanjutnya Bunda Zulaikah menyebutkan angka partisipasi masyarakat Inhil dalam menyalurkan hak pilihnya masih tergolong rendah.

"Berdasarkan data pemilu pada tahun 2019,  masyarakat inhil yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 74,38%, hal itu menunjukan bahwa masih ada masyarakat yang belum menggunakan hak pilihnya sebanyak 25,62%. Dari data tersebut dapat kita ketahui bahwa masih ada tugas kita selaku pemerintah daerah untuk mensosialisasikan arti penting pendidikan politik bagi masyarakat, agar pemilu dapat lebih berkualitas dan indeks demokrasi dapat ditingkatkan," ucapnya.

Bunda Zulaikah menyebutkan dengan kegiatan yang dipimpin oleh Kesbangpol Riau kiranya hasil dari sosialisasi ini dapat mendorong para pemilik pemula di Kabupaten Indragiri khususnya yang ikut serta dalam kegiatan ini.

"Antusias untuk memilih saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan pengetahuan dan kesadaran untuk menggunakan hak pilih secara tepat dan berintegritas. Oleh karena itu, saatnya para pelajar dan adik-adik pemilih pemula ikut serta tidak hanya menjadi pemilih pasif tetapi juga menjadi warga negara yang aktif berpartisipasi dalam pemilu, memantau proses pemilu, melaporkan pelanggaran Pemilu, serta menjadi penyelenggara Pemilu PPK PPS dan KPPS," ujar Bunda Zulaikha.

Selanjutnya bunda Zhulaikha menyampaikan pesan Pemda kepada seluruh tamu undangan yang hadir khususnya para peserta calon oemilih pemula untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

"Saya berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya penuh semangat demi masa depan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Riau, Jendri Salmon Ginting. AP. M.Si Kepala Bidang Politik Dalam Negri, Drh. Rahmat Setyawan Bupati Inhil yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan, Hj. Zulaikah Wardan. S.Sos. ME Kepala Kesbangpol Kabupaten Inhil, H. Arifin Analis Kebijakan Muda Sub Bidang Pendidikan Politik dan Pemilu, Tengku Rahadian. S.Sos. M.Si Analis Kebijakan Ahli Muda, Feny Yulianti. M. SE. MM. Staf Subbid Penyidikan Politik dan Pemilu Bidang Politik dalam Negri, Syamsunarfitri. S.Sos Staf Bidang Politik dalam Negri, M. Adil Apriadi. SE. Tamu undangan 
dan Peserta Sosilaisasi + 30 Orang.

 

 

Wartawan: Ema


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar