Ustadz Habib Komit Jadikan Desa Ngaso Jadi Desa Digitalisasi

Ustadz Habib Dalimunthe SHI (sumber foto: Istimewa)

 


SIBERONE.COM - Pengembangan digitalisasi desa sangat berguna dan bermanfaat untuk memajukan perekonomian desa. Terobosan teknologi digital di desa juga akan membantu mempercepat layanan dan meningkatkan akuntabilitas kinerja pemerintah desa. Selain itu, penerapan sistem digital juga diyakini mampu menumbuhkan potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di desa.

“Melalui penerapan sistem digital, penghimpunan data desa juga akan semakin rapih, terintegrasi dan ini memudahkan pemerintah dalam mengambil kebijakan, semisal terkait bantuan atau kucuran anggaran,” kata Ustadz Habib Dalimunthe SHI, Sabtu (21/5/2022).

Menurut Habib yang dikenal luwes ini program digitalisasi desa ini menjadi komitmennya jika diberi amanah masyarakat Desa Ngaso sebagai kepala desa pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2022 bulan November mendatang.

Pria kelahiran Sei Rakyat, tahun 1975 silam ini program digitalisasi desa ini sudah banyak digunakan di desa kabupaten/kota di Indonesia. Hanya untuk Rohul sendiri program ini belum berjalan. 

Nah, kedepan jika suami dari Desi Moka Sari, S.Ag. M.Pd. I dipercaya memimpin Desa Ngaso, dirinya akan memberdayakan pemuda dan pemudi tempatan yang lulusan SMK, Sarjana Komputer untuk mengelola Aplikasi Digitalisasi Desa. 

"Digitalisasi Desa juga sangat berguna untuk perekonomian daerah, misalnya dalam pengembangan wisata daerah. Bukan hanya itu, aplikasi digitalisasi desa ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk memasarkan hasil perkebunan. 

Salah satu contoh masyarakat kami yang ingin menjual jagung ke desa tetapi terkendala akses yang jauh, dengan adanya aplikasi ini, dengan sekali klik, barang dagangannya bisa dilihat dan dipasarkan ke masyarakat banyak," jelas ayah dari Afifah Rizka Ramadhani, Fadlan Rasyid Al Habibi, Harumi Bilqis Al Habibi.

Manfaat lain dari Program digitalisasi desa ini, kata pria lulusan S1 Syariah, STAIN Djamil Djambek Bukit Tinggi Sumatera Barat ini, masyarakat yang berdomisili jauh dari desa, bisa mengakses perkembangan pembangunan desa hanya dari rumah. Misal nya, aspirasi pembangunan yang dibahas dalam musyawarah rencana pembangunan desa atau Musrenbangdes hasilnya bisa di update melalui aplikasi tersebut. 

"Program digitalisasi desa ini kedepan akan menjadi kebutuhan desa mengikuti perkembangan jaman digital yang serba teknologi, selain itu digitalisasi desa ini sebagai pendukung terciptanya Pemerintahan Good Goverment," urainya.(sal)

Mengenal lebih dekat sosok Ustadz Habib Dalimunthe, disini lampirkan profil singkat sosok sang Ustadz.

Nama Lengkap: Habib Dalimunthe, SHI

T.Tanggal Lahir: Sei Rakyat, 27 juni 1975

Karir: guru SMKN 1 UJUNGBATU

Pendidikan: S1 syariah, STAIN Djamil Djambek bukit Tinggi,Sumatera Barat

Nama Istri: Desi Moka Sari, S.Ag. M.Pd. I

Anak: 

1. Afifah Rizka Ramadhani, 
Mahasiswa UNP Padang

2. Fadlan Rasyid al habibi, MTs Negeri 2 Rokan Hulu

3. Harumi Bilqis Al Habibi
SDN 002 Ujungbatu

Riwayat Organisasi:

1. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Bukit Tinggi

2. Ikatan Pemuda/i Sumatera Utara Bukit Tinggi

3. Pengurus Partai Keadilan Kecamatan Ujungbatu Tahun 2004

4. Pengurus QHI Rokan Hulu Tahun 2010

5. PENGURUS KNPI Kecamatan Ujungbatu

6. Pengurus KNPI Kabupaten Rohul

7. Pembina OSIS Smk Negeri 1 ujungbatu

8 Waka Kesiswaan SMKN 1 Ujungbatu

9.Pangurus HIMMAH (Himpunan Muballigh Muballighah Kecamatan Ujungbatu)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar