Babinsa Koramil 06/KTM, Sosialisasikan Stop Membakar Lahan ke Pemilik kebun

Sumber batuud Koramil 06/KTM

SIBERONE.COM - Untuk menjaga wilayah binaan terhindar dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) personil Babinsa Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil terus berlanjut melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi.


Bersama dengan tiga ( 3 ) orang warga binaan Kopda Ferry T.M Sinaga melaksanakan kegiatan patroli Karhutla di wilayah Sungai Guntung, kelurahan Tagaraja, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, pada Jum'at (20/5/2022). Pagi.


"Sebagai babinsa, untuk menjaga wilayah binaan agar terhindar dari kebakaran lahan, setiap hari memantau langsung daerah rawan yang sering terjadi kebakaran," ungkap Kopda Ferry.


Ia mengatakan kegiatan patroli tersebut, selalu mengajak masyarakat binaan untuk bersama-sama mendukung pemerintah dalam mencegah terjadinya kebakaran.


"Jadi saya selalu mengajak masyarakat, agar apabila mereka mengetahui bahwa telah terjadi kebakaran lahan, sehingga mereka tau apa yang harus dilakukan, seperti memadamkan manual sehingga tidak meluas lahan yang terbakar. Dan juga langsung menghubungi pihak TNI-POLRI dan pemerintah terkait," jelasnya.


Kendati demikian, Kopda Ferry Sinaga mengatakan dalam pelaksanaan patroli Karhutla selalu memberikan sosialisasi kepada pemilik kebun.

"Kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat yang mempunyai kebun, untuk tidak melakukan membakar lahan, walaupun membakar ataupun membersihkan lahan-lahan agar dipastikan api dalam kondisi padam," katanya.


"Karena kalau kita pulang ke rumah, api belum padam itu yang sering terjadi kebakaran lahan dan meluas ke mana-mana, dari pada itu kita selalu memberikan pemahaman kepada mereka," sambungnya.


Terakhir kopda Ferry  T.M Sinaga berharap kepada masyarakat yang mempunyai kebun pertanian mampu selalu berkerjasama dengan baik, sehingga tidak terjadi kebakaran lahan di wilayah binaan.


"Saya berharap masyarakat mau menuruti Himbau yang sering saya lakukan hampir setiap hari selalu melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi, dengan itu kita berharap di sini tidak ada kebakaran lahan pertanian masyarakat, ayo kita bersama-sama mampu menjegah Karhutla dan Stop membakar lahan," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar