Pastikan Wilayah Binaan Tanpa Titik Hotspot, Serda Agusmi Harianto Rutin Laksanakan Patroli Karhutla

Sumber batuud Koramil 02/Tanah Merah

SIBERONE.COM - Pastikan Wilayah binaan aman tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Serda Agusmi Harianto Babinsa Koramil 02/Tanah Merah jajaran Kodim 0314/Inhil melaksanakan kegiatan rutin patroli di tempat-tempat rawan.


Bersama dengan 4 masyarakat peduli api (MPA) Serda Agusmi Harianto melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla di wilayah binaan, desa Tekulai Bugis, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pada Jum'at (20/5/2022) pagi.


"Maksud kegiatan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah mensinergikan para pihak untuk melakukan pemantauan terutama di desa-desa rawan karhutla," Kata Serda Agusmi Harianto.


Sedangkan tujuannya adalah melakukan deteksi dini pada area rawan kebakaran, melakukan sosialisasi pencegahan, melakukan pemadaman dini, serta mewujudkan kehadiran unsur pemerintah.


Pendekatan kepada masyarakat juga terus diupayakan melalui sosialisasi pencegahan karhutla yang dilakukan tim patroli terpadu, dengan mendatangi masyarakat desa pada berbagai kesempatan.


Serda Agusmi, juga selalu memberikan pesan dan ajakan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, biasanya disampaikan melalui aksi mendatangi rumah-rumah, kebun dan ladang, tempat berkumpul, bahkan kepada masyarakat desa yang mereka temui di rute patroli.


"Apabila kita ketemu masyarakat di wilayah rute patroli, selalu memberikan sosialisasi kepada mereka, untuk tidak melakukan membakar, karena itu sangat berdampak dan menjadikan bencana kabut asap, dan sangat menggangu saluran pernapasan," ungkap Serda Agusmi.


Terakhir dikatakan Agusmi Harianto dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karlahut di desa binaan tidak ada ditemukan titik api dan asap.


"Hari ini kita bersama-sama dengan masyarakat peduli api dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karlahut di desa Tekulai Bugis kecamatan Tanah Merah, tidak ada ditemukan titik hotspot hasilnya nihil," tutupnya," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar