Resmi Dibuka, Gubernur Kepri Lepas Penumpang Pertama Pelabuhan Internasional

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq lepas penumpang perdana pelabuhan internasional (sumber foto: Jurnal Terkini)

 


SIBERONE.COM - Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) resmi kembali dibuka melayani Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), Kamis (19/5/2022).

Dibukanya pelabuhan internasional ini ditandai dengan pelepasan keberangkatan penumpang perdana dengan rute Tanjungbalai Karimun – Kukup Pontian Malaysia dan Puteri Harbour Johor Malaysia oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq sekitar pukul 09.00 WIB.

Adapun jumlah penumpang yang berangkat tercatat sebanyak 130 orang dengan kapal MV Ocean Dragon tujuan Kukup Pontian Malaysia dan 150 orang dengan kapal MV Puteri Anggraini 01 tujuan Puteri Harbour Johor Malaysia.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengaku kagum dengan antusias penumpang di hari pertama dibukanya Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun.

Melihat antusias itu, Gubernur meyakini operator kapal akan menambahkan trip atau perjalanan rute Karimun – Kukup Pontian dan Karimun – Puteri Harbour Johor Malaysia.

“Melihat antusias ratusan penumpang yang luar biasa, saya yakin jika terus seperti ini jumlah trip atau perjalanan ke Malaysia akan kembali ditambah oleh operator kapal,” kata Gubernur.

Gubernur menyebut pihaknya akan berupaya untuk dapat membuka rute Tanjungbalai Karimun – Harbourt Front Singapura.

“Kita akan dorong dengan meminta dukungan pemerintah pusat agar rute Karimun – Singapura juga bisa dibuka, kemarin Menhub sudah ke Singapura untuk membahas hal ini,” kata Gubernur.

Kemudian, Gubernur Kepri mengatakan akan mendorong agar kewajiban asuransi yang saat ini menjadi syarat perjalanan bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) bisa ditiadakan.

“Kita tentu akan meminta pemerintah pusat mempertimbangkan untuk meniadakan asuransi ini, karena hampir PPLN yang ke Tanjungpinang, Batam dan Bintan tidak ada terpapar Covid-19,” ujarnya.

Gubernur meyakini dengan dibukanya pelayaran internasional tersebut menjadi spirit baru untuk pemulihan ekonomi, khususnya di Kabupaten Karimun.

“Mudah-mudahan perjalanan luar negeri ini berjalan seperti sedia kala, pemerintah akan terus mendorong agar pemulihan ekonomi bisa cepat karena multi player effectnya dibukanya pelabuhan internasional ini sangat besar sekali bagi masyarakat,” ucap Gubernur.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Pusat atas dibukanya Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun.

“Terima kasih pemerintah pusat atas kebijakannya membuka kembali Pelabuhan Internasional Karimun ini, begitu juga kepada Gubernur yang telah intens mendorong dibukanya pelabuhan ini,” kata Bupati.

 

Sumber: Jurnal Terkini


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar