Unjuk Rasa Petani Sawit di Jakarta Diikuti 22 Provinsi

Massa yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menggelar demo di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat (sumber foto: CNN Indonesia)

 

SIBERONE.COM - Petani Sawit berunjuk rasa di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (17/5) pagi.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lokasi pada pukul 10.05 WIB, sejumlah petani sawit telah memadati lokasi aksi.

Polisi terlihat belum memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi karena kondisi lalu lintas masih normal. Belum ada kemacetan imbas aksi tersebut.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penerapan rekayasa lalu lintas bersifat situasional.

"Rekayasa lantas, situasional. Kekuatan personel 100 orang," kata Sambodo saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (17/5).

Sementara, satu mobil komando dengan pengeras suara berada di depan kantor Kementerian tersebut.

Demo ini diikuti sekitar 250 peserta yang melibatkan petani sawit anggota Apkasindo dari 22 Provinsi dan 146 kabupaten/kota serta anak petani sawit yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Sawit (FORMASI) Indonesia.

Ada lima poin tuntutan yang disampaikan pada kesempatan kali ini. Salah satunya adalah meminta Presiden Jokowi untuk meninjau ulang kebijakan larangan ekspor sawit dan produk MGS serta bahan bakunya karena dampaknya langsung ke harga TBS sawit.

"Cabut larangan ekspor sawit sekarang juga, segera revisi dan buat kebijakan yang menolong petani sawit," ujar salah satu orator melalui pengeras suara.

 

Sumber: CNN Indonesia


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar