Beredar Video Pedagang Buang Sampah di Kawasan Pulau Cinta-Kampar, Oknum Diberi Sangsi

Tangkapan layar video pedagang buang sampah di tempat wisata Pulau Cinta Kampar (suarariau.id)

 


SIBERONE.COM - Seorang pedagang di kawasan Pulau Cinta, Kampar, Riau terekam kamera sedang membuang sampah di aliran sungai wisata tersebut, Minggu (8/5/2022).

Aksinya pedagang buang sampah di sungai yang merupakan objek wisata tersebut disesali berbagai pihak.

Aksi buang sampah ke sungai itu terjadi saat petang menjelang Magrib, di mana kondisi hari sudah mulai gelap dan sepi pengunjung. Dalam video amatir yang dibagikan, pedagang laki-laki tersebut tampak menyerakkan sampah ke bibir sungai.

Tak lama, sampah-sampah itu pun hanyut seturut dengan arus sungai di kawasan wisata yang sedang berkembang tersebut.

Setelah video buang sampah ke sungai viral di saluran media sosial atau medsos, oknum pedagang di kawasan wisata Pulau Cinta Teluk Jering, Kabupaten Kampar, diberikan teguran dan sanksi.

Mereka ditindak untuk membersihkan kembali sampah yang berserakan di sungai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar, Zulia Dharma mengatakan, bahwa dalam hal ini, mereka bertanggung jawab atas tindakan tersebut.

Lokasi wisata yang sedang hits tersebut dikelola oleh kelompok masyarakat sadar wisata atau Pokdarwis.

"Pengurus Pokdarwis Pulau Cinta Teluk Jering sudah diingatkan untuk segera menjaga kebersihan serta membuat tempat penampungan sampah. Dan malam ini pengurus Pokdarwis rapat untuk tindak lanjut, besok mereka gotong royong membersihkan dan membuat tempat pembuangan sampah," kata Zulia Dharma, Minggu (8/5/2022).

Ia mengakui bahwa masyarakat setempat yang menjadi pedagang di lokasi wisata itu sadar akan kesalahan, dan bertanggungjawab untuk membersihkan kembali sampah yang dibuang ke sungai.

"Ada (sanksi, red). Mereka bertanggung jawab membersihkan kembali sampah yang berserakan serta menyediakan tempat sampah sementara di lokasi dagangannya," jelasnya.

Zulia Dharma mengakui bahwa jumlah angka kunjungan meningkat signifikan. Ia berharap lokasi wisata tersebut juga terus berkembang pesat.

Sementara itu sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat menyesali tindakan oknum pedagang tersebut. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar.

"Tadi sudah dapat info, dan sudah langsung dihubungi oleh Kadisparbud Kampar, karena termasuk dalam wilayah Kabupaten Kampar," kata Roni, dihubungi, Minggu (8/5/2022).

Ia bilang, persoalan ini akan ditindaklanjuti dan diberikan edukasi kepada para pedagang di kawasan tersebut.

"Beliau (Kadisparbud Kampar) berjanji akan menindaklanjuti sesegera mungkin. Kita tetap memberikan edukasi terus," tuturnya.

Dalam hal ini tentunya pemerintah memberikan teguran terhadap oknum pedagang nakal tersebut, namun secara teknis Roni menyarankan ke Dinas Pariwisata Kampar.

Ia juga mengakui bahwa momen Lebaran 2022 ini, tingkat kunjungan wisatawan di Riau meningkat, tak terkecuali juga di kawasan Pulau Cinta yang sedang viral akibat ulah oknum pedagang itu.

"Peningkatan pasti, semua destinasi naik signifikan lebaran ini, data soal wisatawan mungkin besok baru direkap, karena saat ini masih hari libur," kata dia.

Diketahui, viral sorang pedagang di kawasan wisata Pulau Cinta Teluk Jering, Kabupaten Kampar, Riau terekam kamera sedang membuang sampah di aliran sungai, Minggu (8/5/2022) petang.

Aksinya itu pun viral dan disesali berbagai pihak. Apalagi, sungai yang merupakan objek dari wisata tersebut akibatnya tercemari akibat ulah oknum pedagang nakal itu.

 

Sumber : Suarariau.id


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar