Pemkab Kuansing Targetkan Festival Perahu Baganduang Jadi Ikon Wisata Riau

Sumber foto goriau.com

 


SIBERONE.COM - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), menargetkan Festival Perahu Baganduang menjadi ikon wisata Riau di masa mendatang. Untuk mencapai itu, tentu Pemkab Kuansing berupaya untuk mengembangkan festival yang sarat akan nilai budaya ini.

Hal ini disampaikan Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, saat menghadiri Festival Perahu Baganduang di Lubukjambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Sabtu (7/5/2022) siang.

"Kita akan mengevaluasi kegiatan ini, sehingga tidak hanya sebatas kegiatan seremonial saja. Karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan perlu melakukan kajian dan evaluasi kegiatan ini. Sehingga, Festival Perahu Baganduang punya nilai jual dan targetnya bisa menjadi ikon wisata Riau ke depan," ujar Suhardiman.

Kemudian, Suhardiman mengharapkan Festival Perahu Baganduang punya konsep bersifat sentralisasi budaya. Sehingga helat budaya perahu baganduang bisa mendapatkan nilai ekonomis bagi masyarakat.

"Tahun depan, tolong dibuat konsep kegiatan perahu baganduang lebih dari satu hari, jangan kegiatan tunggal semacam ini lagi, seperti hari pertama pacu jalur, lomba seni dan budaya, dan lainya sebagainya", katanya

Suhardiman mengapresiasi kepedulian masyarakat Lubukjambi dalam melestarikan budaya yang sudah ada sejak ratusan tahun. Masyarakat Lubukjambi sangat antusias dalam melaksanakan Festival Perahu Baganduang.

"Hendaknya, semangat ini tetap dipertahankan dalam melestarikan budaya. Perahu Beganduang ini hanya ada di Kuansing dan kita patut bangga. Sebagai bentuk kebanggaan, maka Pemkab Kuansing akan selalu mendukung festival ini," ujar Suhardiman.

Tahun ini, Pemkab Kuansing menganggarkan pelaksanaan Festival Perahu Baganduang pada APBD. Suhardiman berkomitmen, kegiatan ini akan dianggarkan setiap tahun.


Sumber : Goriau.com


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar