BMKG Ingatkan Masyarakat Sumut Waspada Potensi Longsor Akibat Hujan Lebat

Ilustrasi banjir (Suara.com)

 

SIBERONE.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengingatkan masyarakat di sebagian wilayah di Sumatera Utara agar waspada potensi terjadinya longsor dan banjir akibat hujan lebat.

"Waspada hujan lebat di wilayah pegunungan dan lereng yang dapat berpotensi terjadinya longsor dan banjir untuk wilayah dataran tinggi Sumatera Utara. Hujan sedang hingga lebat dapat terjadi pada Sabtu siang dan malam hari," kata prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Purba di Medan, Sabtu (7/5/2022).

Ia menjelaskan cuaca di Sumut secara umum pada Sabtu siang berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang di wilayah Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Simalungun, Langkat, Kep Nias, Toba, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Sore hingga malam hari berpotensi hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Pada dini hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Karo, Dairi, T. Tinggi, Simalungun, Batubara dan sekitarnya.

Suhu Udara 17.0 – 33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen, dan angin berhembus dari barat daya-barat laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam, demikian Lestari Purba.


Sumber : Suara.com


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar