H2 Lebaran, Penumpang di Pelabuhan Domestik TanjungBalai Alami Lonjakan

Sumber foto Jurnal Terkini

 

SIBERONE.COM - Jumlah penumpang di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) mengalami lonjakan di H2 lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah, Selasa (3/5/2022).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun, Jon Kenedi, Rabu (4/5/2022).

Jon Kenedi mengatakan, pihaknya mencatat lonjakan jumlah kedatangan penumpang sebanyak 2.306 orang pada H2 lebaran.

Sementara itu pada H1 lebaran, jumlah kedatangan penumpang hanya mencapai 1.019 orang.

“Dari jumlah keberangkatan penumpang pada H1 dan H2 itu, dapat kita sampaikan bahwa ada lonjakan penumpang sebanyak 1.287 orang,” katanya.

Lebih lanjut, Jon menyebut lonjakan pada H2 lebaran juga terjadi pada jumlah keberangkatan penumpang di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun.

Dimana, pihaknya mencatat total keberangkatan penumpang sebanyak 2.680 orang di pelabuhan tersibuk di Kabupaten Karimun tersebut.

“Pada H2 lebaran kita mencatat ada 2.680 penumpang yang berangkat dan pada H1 sebanyak 1.057 penumpang, artinya ada lonjakan sebanyak 1.623 penumpang,” ujar Jon.

Jon Kenedi menjelaskan bahwa pihaknya memang telah memprediksi adanya lonjakan jumlah penumpang mulai dari H-3 lebaran.

Hal tersebut menyusul sejumlah aturan bagi penumpang ditengah Covid-19 yang kembali dilonggarkan oleh pemerintah.

Salah satunya, pelaku perjalanan kini tidak lagi diwajibkan melampirkan hasil negatif antigen atau PCR jika sudah divaksin dosis kedua.

 

“Kelonggaran terhadap pelaku perjalanan ini tertuang dalam surat edaran Gubernur Kepulauan Riau Nomor: 690/SET-STC19/IV/2022,” ucap Jon.

 

Sumber : JurnalTerkini


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar