Cegah Kemacetan, 53 Kapal Disiapkan Untuk Musim Arus Balik

Sumber foto CNN Indonesia

 

SIBERONE.COM - Pemerintah bakal menambah jumlah kapal untuk mencegah macet horor macam di Pelabuhan Merak, Banten terulang kembali pada arus balik Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi berkata penambahan kapal akan dilakukan di sejumlah pelabuhan. Ia menyebut total 53 kapal siap beroperasi pada musim arus balik nanti.

"Empat puluh lima [kapal] yang existing, ditambah di [Pelabuhan] Panjang ada empat kapal besar dan empat kapal di [Pelabuhan] Bojanegara," kata Budi melalui pesan singkat, dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (3/5).

Budi berharap kebijakan itu dapat mencegah antrean panjang di pelabuhan seperti saat arus mudik lalu. Ia berkata skenario ini telah melalui simulasi.

Pemerintah juga akan menyiasati arus balik di jalur darat. Menurut Budi, pemerintah akan kembali menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas.

"One way lagi dari tanggal 6, 7, 8 untuk di jalan tol," ujarnya.

Sebelumnya, terjadi kemacetan di Pelabuhan Merak, Banten saat arus mudik Lebaran. Para pemudik asal Pulau Jawa harus antre untuk menyeberang ke Pulau Sumatera.

Beberapa warga mengaku butuh waktu hingga 12 jam untuk mendapat giliran menyeberang. Ada pula pemudik yang pingsan saat terjebak macet saat menuju pelabuhan.

 

Sumber : CNN Indonesia


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar