Setelah Bobol Kotak Wakaf, Maling di Inhil Ini Tinggalkan Motornya di Lokasi

Karikatur maling dan motor. (Sumber foto: Merdeka.com)

 

 

 

 

 

SIBERONE.COM - Kejadian unik terjadi di kabupaten Indragiri Hilir tepatnya di Jalan Harapan, Kelurahan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tembilahan Hulu, pelaku maling wakaf masjid tinggalkan motor setelah berhasil beraksi.

 

 

Sontak aja peristiwa aneh ini mengundang galak tawa yang mengetahuinya, karena bisa-bisanya motor yang memiliki harga lumayan besar tapi ditinggal. 

 

Usut punya usut ternyata yang membuat mereka seperti itu, ada peran Ketua RT 002 RW 016, Fadilah yang mencurigai para pelaku saat berada di lokasi.

 

Kronologinya, menurut penuturan Fadilah, peristiwa yang terjadi pada pukul 10.00 WIB, Rabu (3/4/2022) itu berawal dari kecurigaan pak RT kepada 2 orang yang mondar-mandir di sekitar surau. 

 

 

"Awalnya saya perhatikan para pelaku yang berjumlah 2 orang itu mondar mandir di sekitar surau, lalu saya tanya "mau apa kalian?", kata mereka hendak buang air kecil. Setelah buang air kecil saya perhatikan lagi, mereka masih mondar mandir di lingkungan surau," paparnya.

 

Setelah beberapa menit di lokasi, pak RT makin menaruh curiga terhadap gerak-gerik mereka yang tidak kooperatif dan selalu saja menampakkan tujuan yang tidak baik. 

 

Seketika itu, Fadilah mendekati mereka, ternyata benar kecurigaan pak RT ini, salah satu diantara mereka sudah masuk ke dalam surau. Saat disambangi ke dalam, pelaku buru-buru ke luar.

 

"Saya masuk dalam surau untuk mengecek, ternyata kotak infak sudah pecah dan isinya telah diambil, saya teriaki dia maling," ujarnya.

 

Tidak habis sampai di situ, pelaku maling pun kabur menggunakan sepeda motor miliknya ke arah kebun. Pak RT juga tidak mau tinggal diam, dia berupaya mengejar pelaku hingga ke lokasi maling melarikan diri.

 

 

"Dalam pengejaran sepeda motor para pelaku mogok alias kehabisan minyak. Hingga akhirnya para pelaku lari ke semak semak," jelasnya.

 

Kemudian, RT Fadilah mengamankan motor milik maling tersebut, dan sampai siang harinya warga juga berhasil mengamankan pelaku yang keluar dari persembunyiannya. 

 

"Kami amankan sepeda motor mereka. Siang harinya seorang pelaku berhasil diamankan warga saat keluar dari semak-semak karena mungkin mau pulang ke rumah. Pelaku dan sepeda motornya kami serahkan ke Polsek Tembilahan Hulu," tukasnya.

 

Sementara itu, Kapolsek Tembilahan Hulu, Iptu Ricky Marzuki membenarkan kejadian tersebut, satu diantara dua orang pelaku berhasil diamankan pihak kepolisian dari Polsek Tembilahan Hulu, Polres Inhil karena membobol kotak wakaf Surau Nurul Hidayah, Jalan Harapan RT 002 RW 016, Kelurahan Tembilahan Hulu, Kabupaten Inhil, pada Rabu (13/4/2022).

 

 

"Iya benar, salah satu pelaku pembobolan di surau tersebut yang berhasil diamankan masih dibawah umur, juga ada barang bukti sepeda motor. Sementara pelaku lainnya masih dikejar, dan kerugian wakaf juga kami belum tahu sebab uang wakaf itu ada pada pelaku yang berhasil kabur," terangnya.

 

 

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar