Jelang Ramadhan, Polres Tegal Kota Gelar Apel Kaposkamling


SIBERONE.COM - Menjelang bulan suci ramadhan 1443 H, Polres Tegal Kota menggelar apel kaposkamling bertempat di halaman Mapolres, Kamis (31/3/2022).

Kegiatan apel kaposkamling diikuti oleh Wakapolres, para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran dan personel Polres Tegal Kota serta para Kaposkamling se Kota Tegal.

Kapolres AKBP Rahmad Hidayat dalam sambutannya menyampaikan, bahwa saat ini Indonesia sedang dihadapkan pada berbagai perkembangan situasi yang berpotensi menimbulkan kerawanan kamtibmas. Oleh karena itu Polri memerlukan dukungan dan peran serta dari pada masyarakat.

"Memperhatikan perkembangan yang ada saat ini, kita dapat mengetahui bahwa permasalahan yang bersumber dari berbagai aspek kehidupan sosial menunjukan kecenderungan menjadi gangguan kamtibmas nyata apabila tidak diatisipasi dan ditangani dengan baik," ungkap Kapolres.

Kapolres menambahkan, bahwa apel kaposkamling mengandung maksud dan tujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka memantapkan sistem keamanan dan ketertiban secara swakarsa melalui kegiatan siskamling serta pembinaan potensi masyarakat lainnya.

"Tugas dan tanggung jawab Kaposkamling adalah sebagai petugas keamanan ditingkat terkecil, yang bekerja sama dengan Polri untuk saling bersinergi dan selalu berkoordinasi untuk menjaga kondusifitas wilayah," imbuhnya.

Disamping itu juga untuk memberikan gambaran kesiapan segenap jajaran dalam upaya meningkatkan serta mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif sebagai respon dan langkah antisipatif terhadap perkembangan situasi kamtibmas.

Poskamling selain berfungsi untuk harkamtibmas ditengah pandemi seperti saat ini juga bisa digunakan sebagai sarana untuk tindakan pencegahan meluasnya penyebaran Covid-19 dengan kegiatan sosialisasi maupun pengawasan.

"Untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 kita harus mematuhi anjuran pemerintah untuk selalu disiplin protokol kesehatan terlebih saat ini menjelang bulan suci ramadhan 1443H," pungkasnya. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar