Wakil Ketua Komisi X Minta Bupati Agar Segera Terbitkan Pernyataan Bencana


SIBERONE.COM - Anggota Legislatif (Aleg) DPR RI asal Partai Keadilan Sejahtera, Abdul Fikri Faqih meninjau korban banjir bandang di Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Aleg terpilih dari Dapil IX Jawa Tengah ini meminta agar Bupati Brebes ikut turun tangan, “Bupati diharapkan segera terbitkan pernyataan bencana agar bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi dari BNPB dapat turun,” pintanya di sela penyerahan bantuan kepada para korban di posko pengungsian, Minggu (20/3/2022).

Sebelumnya, banjir bandang yang berasal dari luapan Sungai Prupuk terjadi Rabu (16/3/2022) sore setelah terjadi hujan deras di wilayah selatan Kabupaten Brebes. Derasnya luapan sungai tersebut menerjang Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes yang mengakibatkan sekitar 10 rumah rusak, bahkan beberapa hanyut terbawa banjir. 
 
Diinfokan, sebanyak 12 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal dan tempat usaha. “Korban perlu segera dicarikan lokasi pengganti, baik rumah tinggal maupun tempat usaha yang sebagian merupakan UMKM pembuatan tahu dan tempe,” terangnya.

Fikri beserta Aleg Provinsi Jateng dan Aleg Dapil 2 Brebes, yakni Sururul Fuad dan Arif Royani Bersama segenap kader PKS Kecamatan Tonjong menyerahkan bantuan kepada seluruh korban banjir bandang yang sementara harus ditampung di posko pengungsian setempat, sekolah MI Muhammadiyah.  Bantuan yang diberikan berupa uang tunai, alat-alat kebersihan, Perlengkapan kamar mandi, serta perlengkapan bayi seperti selimut dan popok.   

Pada kesempatan itu Fikri berdialog dengan  Kepala Desa Kutamendala, Fathuri, Ketua BPD Kutamendala, Hasan Abdul Kohar, serta Ketua Karang Taruna Kecamata Tonjong, M. Rosihan Amin.  Didampingi Pengurus DPC PKS Kecamatan Tonjong, Nino Prayitno dan segenap tim, rombongan meninjau tempat penampungan sementara dan berkesempatan bercengkrama serta mendengarkan aspirasi dari para korban banjir.

Lebih lanjut Fikri menyatakan, Pemerintah Desa dan aparat Kabupaten Brebes dapat berkoordinasi dengan Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah untuk bersama mencari solusi bagi korban banjir di Desa Kutamendala, Tonjong, Kabupaten Brebes. “Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah agar dapat memberikan solusi bangunan awal bagi para korban,” katanya. 

Selain itu Fikri menegaskan, jika bupati Brebes menerbitkan surat pernyataan bencana, BPBD Kabupaten Brebes dapat mengajukan bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi kepada BNPB.

“Bila dikawal, insyaAllah 12 KK yang kehilangan tempat tinggal dan rumah produksi bisa segera mendapatkan ganti sementara dan bisa segera pindah dari penampungan sementara di sekolah setempat,” tutupnya. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar