Babinsa Koramil 06/KTM Minta Masyarakat tidak Buka Lahan dengan Dibakar


SIBERONE.COM - Komando Rayon Militer (Koramil) 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajarannya, meminta kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap terjadi pada saat musim kemarau tiba.


Patroli dan sosialisasi
 dilakukan Babinsa Koramil 06 Kateman Serda Edili Z, bersama masyarakat di wilayah kecamatan kateman, kabupaten Indragiri Hilir, dengan Titik Koordinat : 0,29130N, 103,6155E, Sabtu (19/3/2022) sekitar pukul 09:20 WIB.

 

Danramil 06/Kateman Kapten Inf Iwan Andoko mengatakan, edukasi yang digelar TNI AD melalui Babinsa di wilayah bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membakar hutan pada musim kemarau.


Dia meminta petani tidak membuka lahan dengan melakukan pembakaran. Kegiatan ini berdasarkan ST Danrem 031/wirabima Nomor 96 Tahun 2022, Tanggal 12 Maret 2022, agar mewaspadai hotspot dan melaksanakan mitigasi serta pencegahan bencana karhutla di wilayah.


"Dampak Karhutla sangat mengganggu lingkungan serta kesehatan bagi warga masyarakat, mari kita cegah dengan mematuhi peraturan yang sudah diterapkan oleh Pemerintah melalui TNI-Polri serta dinas terkait di wilayah," harapnya.


Dirinya menambahkan, bahwa pencegahan karhutla juga menjadi tanggung jawab TNI, termasuk Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil), jika sudah terjadi kebakaran, TNI bersama instansi terkait akan dikerahkan untuk penanganan dan pencegahannya.


"Harapannya dengan dilaksanakan patroli dan sosialisasi Karlahut di wilayah binaan Babinsa jajarannya bisa direspon oleh masyarakat, sehingga kebakaran hutan dan lahan bisa diminimalisir dampaknya," tandasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar