Sebanyak 14 Brigadir Remaja Polres Tegal Kota Lulusan 2022 Ikuti Upacara Tradisi Pembaretan


SIBERONE.COM - Empat belas personel Brigadir Remaja Polres Tegal Kota lulusan Sekolah Brigadir Polisi Tugas Umum Tahun 2022 mengikuti Upacara Pembukaan Pembinaan Tradisi Pembaretan bertempat di halaman Mapolres, Sabtu (19/3/2022) pagi.

Pembukaan kegiatan tradisi pembaretan ditandai dengan penyiraman air kembang yang dilakukan oleh Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat, S.S secara simbolis kepada perwakilan Brigadir Remaja.

Kapolres Tegal Kota selaku Inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan, bahwa kegiatan pembaretan ini merupakan tradisi turun temurun yang bertujuan untuk dapat menumbuhkan kesadaran nilai moral awal sebagai Brigadir Polri dan membentuk fisik yang prima, memiliki mental-mental baja, tangguh, kokoh, trengginas dan loyal terhadap pelaksanaan tugas kepolisian.

“Kegiatan pembaretan ini merupakan tradisi turun temurun dengan tujuan untuk menumbuhkan nilai moral awal, membentuk fisik yang prima, bermental baja, tangguh, trengginas dan loyal terhadap tugas kepolisian," ungkap Kapolres.

Kapolres menambahkan, dalam kegiatan pembaretan ini peserta akan melakukan long march dengan pendampingan oleh tim panitia untuk dilakukan pengenalan lingkungan sesuai pos yang sudah kita tentukan. Dan dipos-pos tersebut nanti para peserta akan dilatih dan dikenalkan beberapa materi tentang kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Brigadir Polri selaku pengemban fungsi kepolisian tugas umum, seperti 12 gerakan dasar pengaturan lalu lintas, tata cara pengamanan VIP dan VVIP serta tindakan penanganan ditempat kejadian perkara atau TP TKP, " tambahnya.

Kapolres berharap dengan adanya kegiatan tradisi pembaretan ini para brigadir remaja nantinya dapat menjalankan tugas-tugas kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dengan baik serta menjadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk membentuk angkatan yang solid, kompak dan bertanggung jawab.

"Dengan pembinaan tradisi pembaretan ini, tentunya dapat membentuk insan Polri yang PRESISI yaitu Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan," tegas Kapolres.

Sebelum mengakhiri amanatnya Kapolres juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia pelaksanaan, atas kerja kerasnya untuk mempersiapkan seluruh rangkaian kegiatan sehinga dapat berjalan sesuai harapan.

"Kepada seluruh personel yang terlibat dalam rangkaian kegiatan ini, saya mengucapkan terima kasih semoga Tradisi Pembaretan bagi Brigadir Remaja berjalan aman, lancar dan nanti kembali ke Mapolres semuanya dalam keadaan sehat dan selamat," pungkasnya.

Sementara sesuai dengan rencana kegiatan, long march para peserta diawali dari Mapolres kemudian berjalan menuju Mapolsek Tegal Barat, Mapolsek Sumurpanggang, Mapolsek Tegal Selatan, Mapolsek Tegal Timur dan Obyek Wisata Pantai Alam Indah kemudian kembali ke Mapolres sekaligus untuk melaksanakan Upacara Penutupan dan pengesahan pemakaian baret secara simbolis kepada perwakilan brigadir remaja. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar