BUMDesa Sanglar Gemilang Tambah Unit Usaha Baru


INHIL- Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sanglar Gemilang,  Kecamatan Reteh, Kabupaten Inhil menambah Alat Mesin Pertanian (Alsintan), panen padi.

Penambahan Alsintan tersebut dikatakan Kades Sanglar, Alfian T untuk menunjang dan mengoptimalkan unit usaha BUMDes Sanglar Gemilang menjadi lebih baik lagi.

"Kami menambahkan sarana baru di Bumdes Sanglar Gemilang, berupa 2 unit Alsintan. Hal ini untuk menunjang dan mengoptimalkan operasional usaha BUMDes kami, lagi pula Reteh ini terkenal dengan lumbung padi dan masyarakat disini sangat terbantu dengan adanya alat ini, lebih efektif dan efesien dalam memanen padi," ungkap Alfian saat dikonfirmasi, Selasa (15/3/2022).

Diketahui, untuk saat ini Bumdes Sanglar Gemilang telah memiliki 4 unit usaha antara lain, usaha TV kabel, usaha isi ulang air galon, usaha simpan pinjam dan usaha Alsintan khusus panen padi.

"Dengan usaha yang kami miliki ini, Bumdes Sanglar Gemilang berhasil meraup laba bersih sebesar kurang lebih 30 juta pada Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan (MDPT) di tahun 2021 lalu," sebutnya.

Sementara dana pembelian Alsintan baru yang dimiliki Bumdes Sanglar Gemilang, dari anggaran Bankeu dengan harga 300 juta per unit.

"Usaha Alsintan ini kami sewakan kepada masyarakat untuk mempermudah sistem kerja pertanian mereka, terutama tanaman padi melalui tiap RT dan RW," tukasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar