Sekban Kesbangpol Inhil Hadiri Acara Peresmian Kampung Pancasila yang Digelorakan Kodim 0314/Inhil


SIBERONE.COM - Sekretaris Badan (Sekban) Kesatuan Bangsa dan politik ( Kesbangpol) Inhil Marlis Syarif menghadiri acara peresmian kampung Pancasila yang di laksanakan Dandim  0314/Inhil Letkol Arh M Nahruddin Roshid, di Kelurahan Sungai Salak Kecamatan Tempuling kabupaten Indragiri Hilir, Jum'at (11/3/2022).


Dalam sambutannya. Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M. Nahruddin Roshid, S.E.,M.Tr.(Han) mengatakan dalam sambutannya, pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan jaman. 


"Adapun tujuan dibentuknya Kampung Pancasila ini tak lain dan tak bukan ialah untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa di wilayah," sebut Dandim 0314/Inhil. 


Masyarakat Indonesia yang penuh kemajemukan, baik dari sisi suku, adat dan agama, dikatakan Letkol Arh Nahruddin sangat penting untuk dijaga persatuan dan kesatuannya dengan bingkai NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh paham-paham radikal, dan intoleransi dalam kehidupan sosial dan keagamaan.


Pembentukan Kampung Pancasila di Kelurahan Sungai Salak ini, diakui Dandim akan menjadi pilot projek bagi seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. 


Bahkan, kegiatan pencanangan Kampung Pancasila di wilayah Provinsi Riau, juga dilakukan secara serentak oleh seluruh satuan jajaran Kodam I/Bukit Barisan, salah satunya Kodim 0314/Inhil.

 


"Dengan kegiatan pencanangan serentak seperti ini, diharapkan akan bisa dibudayakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat di seluruh desa di wilayah Nusantara," ungkap Dandim. 


Dandim mengucapkan terima kasih dan bangga dengan antusiasme warga Sungai Salak yang begitu tinggi dalam menyambut Kampung Pancasila ini. 


"Kita lihat bersama, warga masyarakat Sungai Salak, khususnya RT 04 ini sangat menyambut positif Kampung Pancasila di wilayahnya, dan ini menjadikan kita Kodim 0314/Inhil sebagai motor semakin semangat dalam menyelaraskan dengan semua program pembangunan yang dilakukan pemerintah," tandas Dandim. 


Dengan hadirnya Kampung Pancasila ini, sangat berpeluang untuk menular ke desa-desa lain di sekitar, sehingga pencegahan paham radikalisme dan intoleransi yang diharapkan bisa terwujud. Pembentukan Kampung Pancasila ini merupakan bentuk perlindungan negara terhadap rasa dan jiwa nasionalisme, bela negara serta cinta tanah air generasi muda di tengah serbuan informasi di era digital saat ini.


Saat ditemui di lokasi Kampung Pancasila di kelurahan Sungai Salak Kecamatan Tempuling, Marlis Syarif mengatakan bahwa Kampung Pancasila adalah kampung percontohan yang dilakukan oleh Kodim 0314/Inhil yang begitu sangat berkesan.


Selaku mewakili pemerintah kabupaten Indragiri Hilir Marlis Syarif juga mendukung Apa yang dilaksanakan oleh Kodim, dikarenakan masa saat ini untuk menumbuhkan jiwa Pancasila harus dilakukan dengan cara yang seperti ini.


Dengan adanya kampung Pancasila tentunya dapat menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari.


"Saat ini kita ketahui di masa jaman modern, banyak anak-anak yang kurang paham mengenai nilai-nilai dasar Pancasila. Dengan adanya kampung Pancasila yang digelorakan kembali oleh Kodim 0314/Inhil berharap dapat menumbuhkan rasa Pancasila di kecamatan Tempuling," ujarnya Marlis Syarif yang merupakan Pembina Yayasan Vioni Bersaudara.


Untuk diketahui bersama-sama dalam peresmian Kampung Pancasila juga dilaksanakan kegiatan Vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun, yayasan Vioni Bersaudara juga mambantu telur rebus dan air mineral untuk siswa-siswi yang sudah menerima vaksinasi.

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar