Wali Kota: OPD Harus Responsif dan Visioner Terhadap Dinamika Pembangunan Kota Tegal


SIBERONE.COM – Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah (Pemkot) Tegal untuk responsif dan punya visi untuk Kota Tegal masa depan terhadap perkembangan pembangunan yang terjadi di Kota Tegal. 

“OPD terkait saya minta tanggap terhadap perkembangan. 

Saya berharap jangka panjang tujuan kita harus jelas. Bagaimana Kota Tegal itu tambah baik, karena masih banyak PR yg perlu dibenahi. Makanya saya minta OPD terkait ini responaif,” ungkap Wali Kota saat sambutan Pembukaan Rapat Koordinasi Pembangunan dan Pendapatan Pemerintah Kota Tegal di Ballroom Grand Dian Hotel Pekalongan, Jum’at (18/2/2022) sore. 

Hadir Sekda Kota Tegal Johardi, para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD di Lingkungan Pemkot Tegal, Camat dan Lurah se-Kota Tegal, Kepala Puskesmas, Perumda dan pendamping masing-masing OPD. 

Ungkapan Wali Kota itu diartikan ketika Wali Kota bicara terkait OPD, maka OPD seharusnya paham mengenai apa yang perlu dilaksanakan dalam rangka merespon perkembangan pembangunan di Kota Tegal. OPD juga diminta mencatat hal-hal yang disampaikan Wali Kota.

Dicontohkan Wali Kota, misalnya ketika ada pembangunan Poltek Bahari Nusantara maka untuk dibuat gerbang agar bus besar dapat masuk.

“Kalau punya sekolah itu mata rantainya panjang. Nantinya orang tua siswa nengok anak yang sekolah, merek nginap di hotel. Paling rendah kost-kostan, guest house, wisma melati dan lainnya. Kemudian makan di restoran dan rumah makan, ada efek ekonomi yang bisa meningkatkan pendapatan orang Tegal,” jelas Wali Kota.

Terkait pendapatan Kota Tegal, Wali Kota meminta OPD menggali potensi-potensi yang ada di Kota Tegal. Salah satunya syarat pendapatan Kota Tegal naik, yakni penambahan populasi atau kepadatan penduduk. Saat ini Kota Tegal pertumbuhan penduduk rendah di angka 1.800-2.000 penduduk. 

“Sekarang jumlahnya 287.959 penduduk. Populasi penduduk per tahun hanya 1.800- 2.000 itu kan kecil sekali. Idealnya 5.000 dan penduduknya 500 ribu jiwa,” ungkap Wali Kota. Untuk itu, Wali Kota meminta Kota Tegal banyak wilayah yang menjadi zona kuning untuk tempat usaha, kawasan bisnis, tempat pemukiman penduduk dan real estate. 

Sementara untuk memenuhi ruang terbuka hijau sebesar minimal 14%, harus ada tambahan taman / hutan kota yang dimiliki Kota Tegal.

“Lahan tambak milik Kota Tegal buat taman dan hutan kota saja agar bertambah menjadi ruang terbuka hijau,” tutur Wali Kota.

Dalam menjelaskan perkembangan Kota Tegal, Wali Kota juga menyebut mengenai pembangunan Terminal Bus, Pelabuhan Internasional, Fly Over Tirus, Tegal Selatan menjadi Kota Baru dan Margadana menjadi Kota Wisata Baru, Pembangunan Menara Seven Tower Madam Kardinah, CMJT, Perluasan Jl. Kol. Sudiarto, Song of the Sea, kereta gantung dengan 5 terminal, jembatan Randusanga Wetan, pembangunan Kantor Dinas Perhubungan, Kantor Dinas Perhubungan lama menjadi Kantor Satpol PP Pariwisata dan Polisi Pariwisata, Rest Area Pasar Beras, dan pemekaran wilayah, pembangunan jembatan penyeberangan di Jl. A. Yani, videotron, pembangunan Kantor Perumda Tirta Bahari, Tempat Parkir Alun-alun/Soul Parking di barat Waterleideng dan pusat grosir Tegal. 

Wali Kota juga meminta OPD selain responsif juga berpikiran milenial. Misal pembangunan tempat wisata dapat mengerti kebutuhan para kaum milenial. 

Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa dan Administrasi Pembangunan Setda Kota Tegal Heru Prasetya memaparkan berbagai pekerjaan pengadaan berupa pengadaan barang, konstruksi, konsultansi dan jasa lainnya untuk pelaksanaan tahun 2022 berdasarkan isian Rencana Umum Pengadaan (RUP). Dengan metode tender sebanyak 53 paket, e-purchasing sebanyak 27 paket, pengadaan langsung 400-an paket dan lainnya. Dilanjutkan paparan Kepala OPD terkait Potensi Pendapatan Daerah. 

Acara diskusi dipandu oleh Asisten  Ekonomi Pembangunan Sekda Kota Tegal, dimoderatori oleh Sekda Kota Tegal dan beberapa penegasan serta penekanan oleh Walikota Tegal. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar