Tingkatkan Layanan Kesehatan, Lapas Waikabubak Lakukan Pemeriksaan WBP


SIBERONE.COM - Lembaga Pemayarakatan Kelas IIB Waikabubak yang merupakan salah satu unit pelaksana teknis (UPT) di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT di bawah pimpinan Marciana D Djone, menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Rabu (9/2/2022). 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Subseksi Perawatan Narapidana/Anak Didik dan Tahanan dengan bantuan alat tes rapid HIV dari Dinas Kesehatan Sumba Barat. 

Kegiatan Skrinning diawali dengan pengisian biodata WBP kemudian dilanjutkan dengan pengambilan darah oleh Dokter Lapas Waikabubak, Irwan Bahar Budiyanto kemudian diakhiri dengan tanda tangan daftar hadir WBP. 

Dokter Irwan mengatakan bahwa kegiatan ini selain untuk pemenuhan laporan administrasi, juga sebagai langkah awal mendeteksi penyakit menular yang diderita WBP. 

“Pemeriksaan yang kita lakukan pada hari ini berupa Skrinning TBC, HIV, dan Hepatitis. Kegiatan pemeriksaan pada hari ini  terlaksana dengan baik berkat bantuan alat tes rapid HIV dari Dinkes Sumba Barat. Seluruh warga binaan baik Tahanan dan Narapidana mengikuti pemeriksaan dengan  aman dan tertib” ujar Irwan. 

Kalapas, Yohanis Varianto yang ditemui di ruang kerjanya berharap agara pemeriksaan Skrinning TBC, HIV dan Hepatitis ini dapat membantu mendeteksi sedini mungkin penyakit menular yang diderita oleh warga binaan. 

“Lapas Waikabubak sangat berterima kasih kepada Dinkes Sumba Barat yang sudah membantu terselenggaranya kegiatan Skrinning kesehatan pada hari ini. Semoga Kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik sehingga pelayanan kesehatan di Lapas Waikabubak menjadi lebih baik lagi” ungkap Varianto.   

Sebanyak 260 orang warga binaan mengikuti pemeriksaan ini denga naman dan penuh antusias. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar