Bupati Inhil Dilantik Sebagai Ketua DPD HKTI Riau

Dokumentasi Prokopim Setda Inhil

SIBERONE.COM - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Drs. H. M. Wardan MP, secara resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Riau masa bakti 2021-2026 oleh Ketua Umum HKTI, Jenderal TNI (Purn) Dr.Moeldoko, S.I.P, di Ballroom Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Jum'at (04/02/2022) sore.

Selain melantik DPD HKTI Provinsi Riau, Ketua Umum HKTI Dr. Moeldoko, S.I.P juga melantik DPD HKTI Kalimantan Utara dan Bangka Belitung.

Prosesi pelantikan ini berlangsung dengan khidmat. Ditandai dengan pembacaan SK pelantikan, dan pembacaan lampiran surat keputusan (Struktur kepengurusan 3 DPD HKTI).

Juga hadir dalam acara ini, Sekjen HKTI, Mayjend TNI (Purn) Bambang Budi Waluyo, S.Sos, M.Si dan, Waketum HKTI beserta jajaran pengurus HKTI, Ketua DPP HKTI kalimantan utara dan ketua DPP HKTI Bangka Belitung beserta jajajaran.

Dalam sambutannya DR. Moeldoko mengatakan, HKTI bukan organisasi elite, untuk itu kita harus betul-betul menjangkau kepada masyarakat yang paling depan.

Lebih lanjut dikatakan Moeldoko, HKTI harus terus berkembang dengan baik untuk memajukan pertanian di Indonesia.

Moeldoko menyebutkan ada empat hal yang harus dilakukan HKTI, yaitu: konsolidasi organisasi, pendampingan petani, koordinasi dan komunikasi dengan lembaga terkait, dan melakukan social engineering.

Kepada Ketua DPD HKTI yang baru saja dilantik, Moeldoko berpesan agar terus mengembangkan pertanian di setiap daerahnya agar pertanian di Indonesia tidak kalah bersaing dengan negara lain.

Sementara itu Bupati HM. Wardan usai pelantikan menyampaikan, "sebagaimana tadi yang telah diarahkan oleh ketua umum, harus segera mungkin untuk melakukan konsolidasi organisasi, yang belum terbentuk atau sudah habis masa kepengurusan DPC HKTI kabupaten/kota, akan kita jadwalkan pelantikan kepengurusan".

Lebih lanjut dikatakan Bupati, wahana dan tugas HKTI ini sangat luas dan HKTI merupakan organisasi sosial grass roots.

"Jadi kepengurusan HKTI itu harus betul-betul mendekati masyarakat, pahami permasalahan dan cari solusi yang menjadi permasalahan yang dihadapi oleh para masyarakat petani kita," jelas Bupati.

Selanjutnya Bupati menyampaikan, kedepan bagaimana usaha-usaha tani ini bisa meningkat, tentunya dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada, termasuk dana KUR yang setiap tahun diprogramkan pemerintah sangat besar, tetapi serapannya sampai saat ini masih kecil.

"Untuk itu, peluang bagi HKTI diseluruh tingkatan, akan kita manfaatkan dengan membentuk kelompok-kelompok tani, membantu menyalurkan pupuk, agar produktifitas hasil tani masyarakat kita akan meningkat," harap Bupati.

Bupati juga mengharapkan dukungan kepada semua pengurus sampai tingkatan bawah agar bersinergi bersama-sama meningkatkan koordinasi dan komunikasi agar upaya kita untuk mewujudkan visi dan misi HKTI segera terwujud.

Turut mendampingi Bupati dalam kesempatan tersebut, Kepala Bappeda, Kadis Perkebunan, Kadis Perindag, Kaban Kesbangpol, Kadis Pertanian, Kadis Kominfo, Kadis PMD Kabag umum, Kabag prokopim, kasubag Protokol dan pejabat fungsional.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar