MDPT Tahun Buku 2021, BUMDesa Taruna Jaya Catat Laba Bersih Rp 10.045.810


INHIL -Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Taruna Jaya Desa Saka Palas Jaya, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir, catat laba bersih Untuk Tuahun Buku Tahun 2021 sebesar Rp10.045.810.

BUMDESA yang di bentuk pada tahun 2019 ini mengalami penurunan Laba bersih dibandingkan MDPT Pertama Tahun 2020 sebesar Rp 24.500.000,- karena membangun unit pengelolaan kebun desa masih mengalami trek.

"Kemudian unit pengadaan barang dan jasa, vakum selama tujuh bulan karena transisi kepala unit" Jelas direktur BUMDesa Taruna Jaya Ujang Junaidi saat Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan ( MDPT) pada sabtu siang (29/01/2022) di aula kantor Desa Saka Pala Jaya. 

"BUMDesa Taruna Jaya saat ini memiliki dua unit usaha yakni, Pengadaan barang & Jasa dan Pengelolaan Kebun Desa, sehingga berhasil mencatat laba dari kedua unit ini sebesar Rp 10.048.810 maka dari laba tersebut BUMDesa Taruna Jaya bisa berkontribusi menciptakan Pendapatan Asli Desa sebesar Rp 1.004.581" tutur Ujang Junaidi

Sembari MDPT BUMDes Taruna Jaya juga memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 10 masyarakat kurang mampu yang tidak masuk dalam daftar penerima BLT dari pemerintah. 

Selanjutnya Fasilitator Masyarakat BUMDes (FMB) program Desa Maju Indragiri Hilir Jaya Plus Terintegrasi (DMIJ-PT) Kecamatan Pelangiran, Ali Usman berharap agar BUMDes Taruna Jaya lebih maju dan berkembang, tentunya dengan kerjasama semua pihak.

"Dengan kerjasama yang baik antara pemerintah kabupaten, kecamatan, desa hingga masyarakat. Maka timbul ide dan gagasan yang cemerlang untuk kemajuan BUMDes Taruna Jaya, sehingga apa yang menjadi harapkan kita tentunya juga bisa terwujud" Jelas pria yang akrab di sapa Ali ini. 

Tampak hadir pada MDPT ini HM Syaripudin dari kecamatan, kepala desa Saka Palas Jaya, Ketua BPD dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ibu-ibu PKK serta para undangan lain.*** 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar