Hadiri Pelantikan HPKDI, Bupati Herdiat Dukung Pengembangan Budidaya Domba dan Kambing di Ciamis


SIBERONE.COM - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya siap mendukung pengembangan budidaya domba dan kambing di Kabupaten Ciamis. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan produksi serta konsumsi pangan hewani di Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis saat memberikan sambutan pada pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Peternak Domba/Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Ciamis periode 2022-2027 di Aula Dinas Pendidikan Ciamis, Rabu (2/2/2022).

"Kami (Pemkab Ciamis) akan mensuport pengembangan budidaya ternak domba dan kambing di Ciamis. Bahkan bila perlu dengan permodalannya kita akan support,” katanya. 

Ia mengungkapkan, kebutuhan konsumtif pangan hewani di Kabupaten Ciamis masih mengalami kekurangan. Sehingga pengembangan budidaya sumber pangan hewani seperti domba, kambing dan sapi harus terus kembangkan. 

“Kita masih kekurangan dalam pemenuhan pangan hewani dan masih tergantung dengan pasokan dari luar daerah. Sehingga perlu perlu peningkatan dalam skala perluasan budidaya pangan hewani seperti domba dan kambing,” ujarnya.

Terutama ketika menjelang bulan haji atau Idul Fitri banyak masyarakat Ciamis membelanjakan keuangannya untuk membeli pangan hewani, ini menjadi potensi yang sangat menjanjikan.

Menurut Herdiat, budidaya domba dan kambing memiliki prospek yang sangat jelas dan menjanjikan. Ia mengajak para pengurus HPKDI agar memaksimalkan potensi ekonomi dari hewan domba/kambing untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak.

“Bila kita benar-benar bisa mengelola dan memanfaatkan dari pembudidayaan domba dengan baik dari mulai bulu, kulit, daging dan bahkan kotorannya pasti akan berdampak kepada potensi ekonomi,” ucapnya.

"Potensi budidaya domba/kambing dari mulai bulu, kulit, daging dan bahkan kotorannya memiliki nilai ekonomi. Kelola dengan baik, agar menghasilkan kesejahteraan masyarakat, khususnya minimal HPDKI Kabupaten Ciamis,” pesan Herdiat.
 
Bupati Ciamis ini pun mengharapkan agar SKPD lingkup Pemkab Ciamis agar mendukung sinergitas pentahelix dengan HPDKI Ciamis. Hal ini perlu dilakukan agar endingnya terciptanya kesejahteraan masyarakat dan perubahan yang lebih profesional.

"Kita tata mulai dari kandang yang baik, sehat, pakan yang bagus dan terawat. Insyaallah akan ada prospek yang luar biasa,” imbuhnya

Sementara, Ketua HPDKI Ciamis Carim mengatakan dalam pengurusan HPDKI di periodenya akan mengutamakan sinergitas dan konsolidasi internal di dalam kepengurusan.

"Solid sebagai peternak lebih penting, konsolidasi internal dan kerjasama itu menjadi target utama kita, karena tanpa kerjasama yang baik hasilnya adalah nol,” terangnya.

Carim mengharapkan agar Kabupaten Ciamis kedepannya bisa memenuhi kebutuhan daging skala nasional. Karena menurutnya, hal tersebut dapat berdampak baik terhadap kebutuhan dan kesejahteraan para peternak.

“Semoga kedepannya kebutuhan pangan hewani di Ciamis bisa tercukupi dari hasil budidaya para peternak di Ciamis,” harapnya. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar