Ditjen Polpum Kemendagri Gelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi dan Wawasan Kebangsaan di SMA Negeri 1 Tembilahan


SIBERONE.COM - Direktorat Jenderal Politik Pemerintahan dan Umum Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Polpum Kemendagri) melaksanakan monitoring ke kabupaten Indragiri Hilir dalam rangka pembinaan penyelenggaraan pembauran kebangsaan dan pelestarian Bhinneka Tunggal Ika di Sekolah SMA Negeri 1 Tembilahan.

Pelaksanaan sosialisasi tersebut di pusatkan di perpustakaan SMA Negeri 1 Tembilahan dengan dihadiri Arnella Sibero selaku Kasubdit Pembauran dan Pelestarian Bhinneka Tunggal Ika Direktorat Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Ditjen Polpum yang didampingi Rakhmad Rahadian dan
Febrianti Rezki Ananda, sedang dari Bakesbangpol Inhil dihadiri Kepala Bakesbangpol yang diwakili Maizul Dt Rangkayo selaku Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, serta Kepala SMA Negeri 1 Tembilahan dan perwakilan pengurus OSIS SMA Negeri 1 Tembilahan. Jalan Pendidikan kecamatan Tembilahan, Rabu (26/1/2022) pagi 

Perwakilan Ditjen Polpum Kemendagri diantaranya dalam sambutannya  Kasubdit Arnella Sibero, Rakhmad Rahadian dan Febrianti Rezki Ananda mengatakan datang ke kabupaten Indragiri Hilir dalam rangka monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pembauran kebangsaan dan pelestarian Bhinneka Tunggal Ika guna memelihara kerukunan nasional serta upaya dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 34 Tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan pembauran kebangsaan di daerah.

"Kami hadir disini sesuai dengan tupoksi yang kami emban dalam rangka melakukan pembinaan ideologi dan wawasan kebangsaan dimana diantaranya sasarannya adalah generasi muda dalam hal ini pelajar SMA Negeri 1 Tembilahan," ujarnya.

 

Selain itu juga Rakhmad Rahadian, menjelaskan  untuk bersilaturahmi dengan SMA Negeri 1 Tembilahan dan berbagi literasi wawasan kebangsaan dalam rangka membentuk karakter generasi muda sebagaimana yang diharapkan agar generasi muda yang unggul dan memberikan semangat dan motivasi kepada adik-adik di SMA Negeri 1 Tembilahan.

"Walau Kabupaten Indragiri Hilir sangat jauh dari ibu kota Indonesia, jangan pernah putus asa untuk meraih cita-cita, kita bisa merubah mimpi jadi kenyataan asal ada kemauan dan perjuangan keras" ujar Rakhmad Rahadian yang juga merupakan alumni SMA Negeri 1 Tembilahan.

Semantara itu Kepala SMA Negeri 1 Tembilahan Drs H.M. Nurlin mengucapkan terimakasih atas  kunjungan Perwakilan dari Direktorat Jenderal Politik Pemerintahan dan Umum Kementerian Dalam Negeri untuk memberikan pemahaman dalam rangka pembinaan ideologi, karakter dan wawasan kebangsaan

 

 

Ia juga mengungkapkan rasa bangga kepada Rakhmad Rahadian yang merupakan alumni SMA Negeri 1 Tembilahan semasa SMA pernah menjabat sebagai Ketua OSIS periode 1996-1997 yang sekarang berkerja di Kemendagri.

"Ya kita patut bangga dengan keberhasilan alumni SMA Negeri 1 Tembilahan yang mampu memberikan contoh yang sangat luar biasa, bisa dari daerah pelosok yang kecil ini, untuk membuka mata kita kita mampu bersaing dengan orang-orang di kota," pungkasnya.

Terakhir Drs H.M. Nurlin juga berpesan kepada anak-anak didiknya, agar betul-betul mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan dari Kemendagri tersebut, sehingga dapat ilmu pengetahuan yang begitu besar.

"Mudah-mudahan anak-anak kita mengikuti kegiatan ini, ini merupakan kesempatan yang begitu langka, tidak semua sekolah bisa didatangi oleh Kemendagri jadi harapan saya betul-betul di dengarkan dan dipahami," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar