UPT KPH Mandah dan Polair Polres Inhil Tanam Pohon Mangrove di Pantai Terumbu Mabloe


SIBERONE.COM - Dalam rangka pemulihan ekonomi Nasional program padat  karya Penanaman Mangrove tahun 2020 bersempena HUT Polairud ke- 70 1 Desember 1950 - 1 Desember 2020 Sat Poliar Polres Inhil mendukung Program Penanaman Mangrove guna memajukan Ekonomi masyarakat Pesisir, di Pantai Terumbu Mabloe, Desa Sungai Bela Kecamatan Kuindra. Rabu (25/11/2020)


Dalam masa menjaga Abrasi di daerah pesisir untuk menahan ombak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran  sungai Indragiri Rokan dan bekerja sama dengan UPT KPH Mandah  melaksanakan Penanaman Tumbuhan Mangrove di Pantai Terumbu Mabloe yang juga didukung oleh Polairud Polres Inhil


Dalam kegiatan tersebut dihadiri Bupati Inhil HM Wardan berserta Rombongan Forkompinda, Danramil Kuindra, Kapolsek Kuindra, BPDASHL Indragiri Rokan, kepala UPT KPH Mandah, Ketua PMI Inhil Hj Zulaikhah Wardan, Angota DPRD Dapil VI, Hasanuddin, serta unsur Forkopimcam Kuindra.


Dalam sambutannya Bupati Inhil HM Wardan  mengatakan sangat mengaspirasi kegiatan penanaman Mangrove, Yang di Taja BPDASHL indragiri Rokan dan UPT KPH Mandah DLHK Provinsi Riau dalam rangka  pemulihan ekonomi Nasional program padat  karya Penanaman Mangrove tahun 2020 bersempena HUT Polairud ke- 70,  1 Desember 1950 - 1 Desember 2020.

 

Tentunya kegiatan ini yang dilaksanakan balai pengelolaan Daerah aliran sungai dan hutan lindung Indragiri Rokan untuk secara langsung dilaksanakan Kelompok Tani Hutan di wilayah UPT KPH Mandah untuk melaksanakan Penanaman Mangrove.


HM Wardan juga mengatakan atas  nama pemerintah Daerah kab.Inhi sangat mengucapkan ribuan terimakasih kepada Presiden RI bapak Joko widodo dan BPDASHL Indragiri Rokan , UPT KPH Mandah, serta Polairud Polres Inhil, program yang bermanfaat dalam menjaga ekosistem hutan lindung, kegiatan penanaman Mangrove di kabupaten Indragiri Hilir. 


Tidak itu saja dalam rangka pemulihan ekonomi Nasional program padat  karya Penanaman Mangrove tahun 2020 ini juga di hadirkan artis ibu kota Anita Dahlan untuk menyanyikan lagu Suku Duano untuk memperkenalkan lagu dan budaya suku Duano.

"Ini yang berbeda dengan suku Duano ada lagu ciptaan sendiri, saya sampai terkesima dengan alunan lagu yang dinyanyikan artis ibukota dan lokal suku Doano," ucap Bupati.

Senada dengan hal yang sama Bupati Inhil HM Wardan juga berpesan kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan covid-19, dengan selalu menerapkan 4 M.


Selanjutnya kepala BPDAS HL Indragiri Rokan melalui UPT KPH Mandah Joko Yuni Purwanto, S.Hut. menambahkan, yang di daerah sungai bela ini seluas 35 hektar dan keseluruhan di Inhil 285 hektar, semoga dengan adanya penanaman Mangrove ini dampak ekonomi nasional dapat terjaga, dan masyarakat pesisir dapat merasakan dampak  penanaman Mangrove tersebut.


"Ia kalau sudah tumbuh besar Mangrovenya kan itu bisa menjadi wadah ikan, udang, kepiting dan banyak lainnya lagi, nah ini yang harus kita perhatikan kedepan nya di jaga hutan agar bisa menjadi sumber kehidupan masyarakat Desa Sungai Bela," ucap Joko


Dalam hal yang sama  Kbo Satpolair Syahruddin yang mewakili kasat Polair Polres Inhil mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan sosial agar tidak terjadi abrasi pantai.


Selain menanam Mangrove Satuan Polair Polres Inhil terpantau media  membersihkan Pantai Terumbu Mabloe dari sampah-sampah agar terlihat bersih.


"Kalau sudah gundul hutan mangrove, otomatis terjadi Abrasi, siapa yang rugi masyarakat juga, kepiting udang, jadi kita disini selain Rangka HUT Polairud ke-70 juga mendukung kegiatan sosial seperti penanaman Mangrove yang di Taja BPDASHL Indragiri Rokan dan UPT KPH Mandah melalui program pemulihan ekonomi Nasional program padat  karya Penanaman Mangrove tahun 2020," tutup Syahruddin


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar