Ketua DPRD Inhil Hadiri Apel Penanggulangan Bencana Alam


SIBERONE.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Derah (DPRD) kabupaten Indragiri Hilir Dr.H. Ferryandi,  ST, MT, hadiri apel penanggulangan bencana alam di lapangan kantor Bupati jalan Akasia no 1, Kelurahan Tembilahan kota Kecamatan Tembilahan. Senin (09/11/2020).


Turut hadir dalam apel kesiapan penanggulangan bencana tersebut Kapolres Inhil, Kasdim 0314/Inhil , BPBD, Kejari Inhil, Pengadilan Negeri Tembilahan, Pengadilan Agama, Basarnas Inhil, Tagana Inhil ,dan pemangku kepentingan lainnya.

Bupati Inhil HM Wardan pada kesempatannya bertindak sebagai pembina apel. Beliau menyampaikan arahan bahwa apel tersebut merupakan bentuk kesiapsiagaan dari pemerintah bersama-sama dengan TNI-Polri serta seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat.

"Ini bentuk kesiapsiagaan dari semua elemen dalam menanggulangi dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana beserta akibat yang mungkin bisa ditimbulkannya," ujarnya.

Selama beberapa tahun terakhir di Inhil dikatakan Bupati telah terjadi sejumlah bencana, diantaranya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), tanah longsor, puting beliung dan banjir serta bencana non alam Covid-19.

"Apel pada hari ini bertujuan untuk menyamakan langkah serta menyatukan tekad semua untuk saling bahu-membahu dalam mencegah dan menanggulangi bencana. Khusus karhutla penanggulangannya tidak dilakukan sendiri-sendiri akan tetapi harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak," kata Bupati HM Wardan.

Lanjut Bupati, meskipun bencana tersebut tidak diharapkan namun perlu untuk tetap siap siaga dan selalu waspada apabila sewaktu-waktu hal itu terjadi.

"Penanggulangan bencana tidak hanya tugas pemerintah melalui instansi terkait, TNI-Polri, dunia usaha dan ormas semata akan tetapi tanggap bencana merupakan panggilan kemanusiaan yang menjadi tanggung jawab bersama selaku masyarakat," pungkasnya. 


Selanjutnya Dr Ferryandi mengaspirasi apa yang dilakukan pemerintah daerah (Pemda) Inhil untuk mengantisipasi dini kesiapan dalam bencana alam.

"Iya kalau terjadi bencana baru kita siap-siap kan hal itu tidak wajar, jadi apa yang dilakukan Bupati Inhil ini sangat luar biasa," ucap Ferryandi disela kegiatan tersebut

Ia juga menyebutkan dalam hal ini tidak bisa dilakukan tanpa bahu-membahu, saling bergandengan tangan agar apa yang dilakukan bisa tercapai.


"Semoga tidak ada bencana alam  agar kabupaten Inhil yang kita cintai ini aman,"  Tutup Ferryandi.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar