Kampanyekan Literasi, Duta Baca Indonesia Gaet FANS Garap Film Pendek


SIBERONE.COM - Sebagai bagian dari tugas mengkampanyekan gerakan literasi ke berbagai kalangan terutama generasi muda, Duta Baca Indonesia (DBI) Gol A Gong siap menggandeng Sanggar FANS (Film Anak Serang) untuk memproduksi sebuah film pendek bagi anak-anak.

Langkah awal rencana produksi bersama tersebut ditandai pertemuan antara Gong dengan FANS. Dalam rapat kreatif itu FANS diwakili MW Fauzi selaku pendiri, dan pelatih kelas akting Selvy Kanesya. Pertemuan berlangsung di Rendevouz Café, Rumah Dunia, Ciloang, Kota Serang, Selasa (21/12/2021).

“Film pendek akan sarat nilai-nilai edukatif dengan beberapa muatan kampanye gerakan literasi. Tetapi saya jamin unsur hiburannya tetap kental,” papar Gong yang menginisiasi proyek ini. Bahkan ide cerita dan skenario film pendek bertajuk “Sepatu Baru Buat Sarip” tersebut ditulis langsung oleh Gong.

“Banten sedang eforia film. Kemarin ada Yuni, film berbahasa Jawa Serang, yang prestasinya mencengangkan. Lebaran 2022 nanti mudah-mudahan film "Balada Si Roy" yang diadaptasi dari novel karya saya juga siap tayang di bioskop. Ini momentum yang sayang untuk dilewatkan. Ayo kibarkan terus kreativitas perfilman Banten,” seru Gong.

Fauzi tentu menyambut baik ajakan Gong. Apalagi selama memproduksi film pendek, FANS memang masih punya kekurangan dalam hal skenario. “Tidak mudah tentunya membuat sebuah naskah film yang populis sekaligus edukatif. Dengan penulis sekelas Mas Gong yang notebene sekarang juga adalah Duta Baca Indonesia mau menuliskan skenario buat FANS, kami tentu merasa tersanjung,” papar Fauzi. “Ini sangat sejalan dengan semangat kami di FANS yakni membina bakat & minat adik-adik kita dalam dunia perfilman.”

Untuk langkah selanjutnya, seperti dipaparkan Selvy, dalam waktu dekat FANS akan menggelar open casting.

 “Ada banyak pemeran yang kami perlukan. Di antaranya untuk murid-murid kelas 6 SD, guru olahraga, dan orangtua pemeran utama,” Selvy memberi bocoran.

Kapan dan dimana open casting diselenggarakan?

 “Lokasinya di sekretariat FANS di Kafe Mang Jaseng. Untuk waktunya, nanti disampaikan di akun IG Kafe Mang Jaseng. Follow aja biar gak ketinggalan info ya,” imbuhnya. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar