Terobosan Baru Gapoktan Bermartabat, Sorgum Menjadi Solusi Pakan Ternak


SIBERONE.COM - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) bermartabat membuat terobosan terbaru dengan menanam sorgum untuk diproduksi sebagai pakan ternak berkualitas tinggi.

Menurut Azmi Asmuni Majid selaku pembina Gapoktan Bermartabat, karena setiap memasuki musim kemarau para petani kesulitan memperoleh pakan ternak.

Untuk mengatasai  hal tersebut sorgum bisa bisa menjadi solusi yakni, selain bisa untuk diproduksi menjadi pakan ternak cenderung lebih ekonomis," tutur Azmi disela acara panen raya sorgun di Desa Klikiran Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes, Jum'at (3/12/2021).

Dia juga mengatakan bahwa tanaman sorgun juga bisa hidup disegala musim. Selain itu, sorgum bisa panen sepanjang tahun dengan masa panen setiap 75 hari sekali, jadi tidak membutuhkan begitu banyak modal dan alhamdulillah hari ini sorgum yang ditanam di lahan seluas 1 hektar telah panen," ujar Azmi.

Penanam sorgum ini,lanjut Azmi, untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak sapi dari PT Widodo Makmur yang membutuhkan 260 ton per hari, kami baru bisa memenuhi 40 ton sehari dengan luasan lahan yang sudah di tanam 40 ha tersebar di Banjarharjo, Songgom dan Jatibarang.

Lebih dalam Azmi memaparkan, tentunya masih sangat kurang,alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Brebes dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan beserta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan akan menyediakan lahan seluas 200 ha di Maribaya Bumiayu. Panen ke dua ini kami sudah pakai chopper pencacah batang sorgum sederhana sehingga nilai ekonomis nya bertambah. Apalagi jika dengan tambahan peralatan teknologi sehingga menjadi makanan ternak komplit.

Dengan kegiatan menanam sorgum dan pembuatan pakan ternak semoga bisa membantu program Pemkab dalam meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga terdampak pada penanggulangan kemiskinan di kabuoaten brebes," paparnya.

Azmi berharap, Pemkab Brebes beserta stakeholder lainnya bisa membantu dalam hal peralatan dan lahan yang kurang produktif untuk bisa ditanam sorgum ini.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta pejabat Brebes lainnya.

Secara simbolis acara panen sorgum dilakukan penebangan batang sorgum bersama yang dilanjutkan dengan menghancurkan batang, daun dan buahnya ke mesin penghancur untuk di jadikan pakan ternak.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes, Ir. Yulia Hendarwati M.Si dalam keteranganya mengatakan, "Kami mendukung program Gapoktan Bermartabat dimana bisa menjadi penggagas tanam sorgum seperti diketahui tanaman sorgum selain memiliki banyak protein juga bisa ditanam dilahan marginal, sehingga nanti, dan kedepannya kita akan berupaya lagi untuk mendorong penanaman  sorgum lebih luas.

"Kita kenal jika sorgum merupakan tanaman kaya manfaat, mulai dari akar, batang daun dan buahnya bisa dimanfaatkan, selain itu upaya produksi penanamanya pun ekonomis, dimana sekali tanam dan usai dipanen batang akan tumbuh kembali, dan ini bisa menjadi solusi pakan ternak pengganti rumput," ujarnya.

Yulia mengharapkan peluang budi daya tanam sorgum bisa juga diminati para petani Brebes. 

"Dimana untuk pemasaranya juga masih terbuka lebar," pungkasnya. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar