Misharti Pimpin Upacara Peringatan HGN 2021 di Yayasan Masmur Daerah Riau


SIBERONE.COM - Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke 76 tahun 2021, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dapil Riau, Dr Misharti SAg MSi menjadi Inspektur upacara di Yayasan Masmur Daerah Riau, Kamis (25/11/2021). Peringatan HGN tahun ini, Misharti memiliki harapan besar dalam dunia pendidikan Indonesia. 

Menurutnya, guru memiliki peran penting sebagai ujung tombak pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi fokus program pemerintah saat ini.

"Guru merupakan pondasi pembangunan SDM. Maka karena itu, pemerintah wajib meningkatkan kesejahteraan serta kapasitas dan kompetensinya. Kita sadari bahwa profesi guru merupakan pekerjaan yang memiliki peran yang besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Dr Misharti  dihadapan majelis guru

Pada momentum bahagia ini, saya mengucapkan apresiasi kepada guru terlebih saat kondisi  ini kita masih dalam pandemi. Kendati masih dalam kondisi covid-19, kita tetap harus semangat dengan terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar kembali normal. 

"Momentum ini menjadi penyemangat untuk kita. Kita berharap kondisi segera normal agar kembali dapat melaksanakan pendidikan tanpa adanya batasan," tutur Misharti

Melihat perkembangan zaman saat ini,  Misharti berpesan agar guru dapat menghadapi tantangan era 4.0 agar kedepannya para guru dan siswa tidak ketinggal akan perkembangan zaman yang terus berjalan.

Lebih lanjut,  Misharti mengatakan bahwa Guru harus menyikapi  perkembangan globalisasi yang sangat pesat terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Dengan demikian, seorang guru di tuntut untuk bisa menyesuaikan diri dan mempunyai kemampuan dalam penggunaan tekhnologi.

"Oleh sebab itu seorang guru harus selalu belajar dan melakukan peningkatan kompetensinya sehinga dapat menghasilkan seseorang guru yang mumpuni dan mampu menyesuaikan diri dengan kemajuan tekgnologi," ulas Misharti

Masih dikatakan Misharti, murid harus menyadari bahwa guru merupakan orang tua kedua saat berada di sekolah.  Oleh sebab itu, seorang murid harus menghormati guru seperti orang tua sendiri dan bukan malah mengolok-olok atau malah menyepelekan gurunya.

"Dengan peringatan hari guru ini diharapkan semakin memberikan rasa bahwa memang jasa guru tak dapat di balas dengan apapun . Dialah yg membuat kita pintar dan menciptakan banyak pemimpin yang cerdas di negeri ini, " lanjutnya

Kedepannya, tukas Misharti,  Guru harus semakin menyadari bahwa guru lah yang menjadi orang tua bagi muridnya jika di sekolah. Oleh sebab itu, seorang guru harus bisa ditiru dengan arti harus bisa memberi ilmu yg baik dan benar  dan memberikan contoh yg baik pula kepada seluruh muridnya.

"Teruslah berkarya wahai guruku, jasa mu tak terhingga hingga kapanpun,  engkaulah sang pahlawan tanpa tanda jasa bagi kami semua, " pungkas Misharti.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar