Makam Pahlawan Laskar Hizbullah di Resmikan oleh Dandim Kendal


SIBERONE.COM - Komandan Kodim 0715/Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto meresmikan Makam Pahlawan Laskar Hizbullah yang berada di Desa Krajankulon Kecamatan Kaliwungu Kendal Jawa Tengah. Peresmian dilakukan setelah makam tersebut selesai dipugar, Jumat (12/11/2021).
 
Di Makam Pahlawan ini setidaknya terbaring tiga jasad pahlawan yang ikut berjuang memerdekakan Indonesia, sekaligus ulama yang menyebar ajaran agama Islam. Ketiganya yakni, M Masrur, Akhmad Nur dan Subchi.
 
Dandim mengatakan, Pahlawan sejati adalah mereka yang berjuang dengan keikhlasan tanpa mengharapkan imbalan apapun. Bahkan rela berkorban jiwa dan raga. Para pahlawan tidak butuh dikenal di dunia. Mereka akan sangat terkenal nanti di akhirat. Sebab ketulusan dan keikhlasan saat berjuang melawan penjajah telah membawa seluruh rakyat Indonesia bisa menikmati kemerdekaan seperti saat ini.
 
Terlebih pejuang Laskar Hizbullah tidak hanya pejuang semata. Mereka juga dikenal sebagai ulama. Malah pihak keluarga menolak penghargaan dari negara. Bahkan menolak untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Keluarga memilih di pemakaman umum. "Inilah keikhlasan itu wujud," terangnya.
  
Sementara itu perwakilan keluarga pahlawan Hizbullah, KH Sholahuddin Humaidullah mengatakan berterima kasih pada PAC GP Ansor Kaliwungu dan Pemdes Krajan Kulon yang telah memugar makam.
 
Di tempat terpisah Ketua PAC GP Ansor Kaliwungu Ali Nurudin mengatakan, pemugaran merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan. "Kami memprakarsai pemugaran bersama Pemdes Krajan Kulon. Gayung bersambut disetujui oleh pihak keluarga besar pahlawan hizbullah," ujarnya.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Ketua MUI Kendal, KH Asro'i Thohir bahwa selain pahlawan, semasa hidupnya juga seorang ulama. Mereka mengajarkan ilmu agama kepada para santri dan masyarakat. (Spyd)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar